panggil aku YUSUF!!!!

kita tentunya sangat kesal kalau orang lain memanggil nama kita dengan sebutan seenaknya. kita merasa dilecehkan dan tidak dihargai oleh mereka. nama kita yang bagus diplesetkan orang lain bahkan ada juga yang mengejek. atau barang kali kita sendiri malu untuk memakai nama itu yang padahal oleh orang tua kita diharapkan dengan nama itu kita dapat lebih dihormati atau bahkan nama itu sebagai doa buat si orang tersebut.

taruhlah contoh seseorang diberi nama oleh orang tuanya dengan nama ibrahim. disini orang tua bermaksud kelak si anak akan menjadi hamba allah yang taat dan tekun beribadah. namun suatu saat si anak di ejek karena memakai nama itu. atau barang kali diplesetkan. akhirnya karena malu si anak mengganti nama dari ibrahim menjadi BRAM.

ada berbagai alasan perubah panggilan pada nama kita:

* malu. orang lain mengejek nama kita karena nama kita dinilai memakai nama yang kolot atau taruhlah contoh nama kita JONO. jono di identikan sebagai nama orang kampung yang lugu. namun pada kenyataannya si jono adalah anak kota yang gaul. akhirnya teman-temannya memanggilnya dengan sebutan JONI atau JOHN saja.

*memuji. mungkin karena sifat kita atau sikap kita pada orang lain yang baik menyebabkan mereka memanggil kita dengan sebutan lain. misalnya rasulullah di panggil dengan sebutan Al amien.

*JAIM (jaga image). untuk yang ini biasanya digunakan oleh para artis agar namanya gampang dikenal oleh orang lain. contonya PASHA personil band UNGU yang nama aslinya SIGIT.

*menghina. banyak nama hinaan pada seseorang, misalnya si bakhil, si pemarah dll.

dan masih banyak lagi alasan. *ada yang mau menambahkan?*

dari kecil aku terbiasa di panggil dengan nama YUSUF karena namaku memang MOHAMMAD YUSUF. namun menginjak SMA namaku berganti dengan nama UCUP. aku nggak tahu mengapa orang lain memlesetkan namaku dengan begitu rupa. aku biasa2 saja menanggapi dengan biasa-biasa saja dan sempat orang lain menyatakan bahwa nama ucup adalah panggilan sayang kepadaku. ah masa bodoh pikirku. namun nama ucup lama kelamaan menjadi terbiasa dikalangan anak2 sekolahku. aku jadi sangat risih dibuatnya. kebetulan pada saat itu ada sinetron komedi yang sangat terkenal yang salah satu pemainnya di panggil dengan nama ucup. aku sempat jengkel dibuatnya. hingga jika ada orang yang memanggilku ucup aku pun kesal dan agak berteriak “heh! panggil aku YUSUF. sontak mereka pun kaget dan akhirnya meminta maaf padaku.

ada pengalaman yang sama?

3 thoughts on “panggil aku YUSUF!!!!

  1. ya memang. banyak artis juga yang mengganti namanya demi karier mereka. ex: ibrahim jadi baim.
    ya mungkin malu sama nama aslinya

  2. Haha..memang lucu ya..padahal kan nama adalah doa dari orang tua ke pada anak. kayak saya, tadinya bagus2 nama saya bambang, jadi beng2, ada juga yg panggil saya bams. geli sebenernya. tapi yasudahlah, kalo itu memang lebih enak buat mereka, yg penting nama asli saya tetap bambang.

    ada blog yang lucu juga nih dari oom martin chandra, mengenai nama2 seleb hehe..sampe geli kalo tau nama asli mereka, kok sampe segitu jauhnya bedanya wakakakaka…

    http://martinchandra.com/journal/nama-asli-selebritis/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s