kata siapa setan dipenjara?

ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa selama bulan ramadhan setan2 pada hengkang dari dunia alias di penjara katane seh dineraka. benarkah setan dipenjara?

kebanyakan orang memaknai hadits ini dengan lawaran (tanpa dikaji maknanya). orang menganggap bahwa setan dibelenggu dalam makna sesungguhnya (badan diikat rantai dll). namun timbul pertanyaan kenapa maksiat dibulan puasa masih saja dilakukan?. masih banyak orang yang mabuk, berjudi, berzina dan tetek bengek lainnya. inilah pertanyaan yang telaah bersama.

orang berpuasa dengan menahan segala cobaan. bukan hanya menahan lapar dan dahaga. tapi menahan dari berbuat sesuatu yang melanggar agama dan khususnya menahan dari sesuatu yang melanggar puasa. puasa ibarat sebuah benteng. kalau kita sanggup untuk menahan (dari berbuat maksiat) maka setan pun tidak akan sanggup untuk menembus pertahanan kita. setan seakan dipenjara. dipenjara oleh pertahanan kita (puasa). inilah makna sesungguhnya bahwa setan itu kita tahan / belenggu.

adapun kenapa masih saja banyak kejahatan selama bulan ramadhan. bulan ramadhan hanya satu bulan dan sebelas bulan lainnya adalah free. selama sebelas bulan setan mengajari para penjahat untuk berbuat kejahatan. dan dalam jangka waktu sebelas bulan itu para penjahat telah diberi ilmu (tentang cara2 berbuat kejahatan) dan setan terus saja mengajarinya sehingga penjahat tersebut tidak pernah lupa. sehingga walaupun telah memasuki bulan ramadhan yang hanya sebulan, penjahat akan tetap melakukan tindakan jahatnya karena telah mereka “telah terbiasa berbuat jahat selama sebelas bulan”.

sama halnya jika seorang anak diajari membaca. maka kapanpun si anak akan selalu ingin membaca.

semoga bermanfaat.

………………….selamat menunaikan ibadah puasa………………….

Iklan

8 thoughts on “kata siapa setan dipenjara?

  1. @ alex
    tambahan : sexi lagi……..
    @ http://………
    manusia memang pengennya enaknya saja tanpa perjuangan. tapi tuhan tahu apa yang harus dilakukanNYA. IA tidak membelenggu setan selama 11 bulan yang lain karena Allah sudah mengijinkan setan untuk menggoda manusia pada saat setan diusir dari syurga. disinilah (11 bulan) manusia diuji kadar ketakwaannya.

  2. penjahat akan tetap melakukan tindakan jahatnya karena telah mereka “telah terbiasa berbuat jahat selama sebelas bulan”.

    penjahat ngga perlu setan untuk mau berbuat jahat

  3. Yang bilang Nabi Muhammad SAW, syaithan dibelenggu. Pada bulan ramadhan orang masih berbuat maksiat karena tidak mampu mengendalikan nafsu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s