fenomena jilmon (jilbab montox)

di kampusku, sebagian besar mahasiswinya memakai jilbab. baik itu yang aktifis rohis maupun mahasiswa biasa. dikelasku saja ada setengah lebih mahasiswinya yang memakai jilbab. nggak tahu kenapa akhir2 ini jilbab seakan menjadi tren atau malahan hanya sekedar menutup kekurangan saja.

namun sayang, dari banyaknya para pemakai jilbab dikampusku, setengahnya dari pemakai jilbab, mengenakan jilbabnya tidak sesuai dengan apa yang seharusnya menutup aurat secara keseluruhan sesuai dengan tuntunan dalam al quran dan as sunah). mereka hanya asal saja memakai jilbab. asal menutup kepala. namun pakaian yang mereka kenakan begitu tipis dan ketat. sehingga muncullah sebutan jilmon alias jilbab montox.

ada tiga kriteria para pemakai jilbab:

jilbab menurut islam@ pemakai jilbab yang sesuai dengan tuntunan al quran. mereka memakai jilbab dengan menutup semua anggota badannya yang menurut islam adalah aurat bagi perempuan. merekapun memakainya setiap saat baik bepergian maupun dirumah. mereka membukanya hanya kepada muhrimnya saja.

@ mereka yang memakai jilbabnya pada saat keluar rumah saja namun saat dirumah jilbabnya dibuka. sehingga tetangganya pun melihatnya.

@ mereka yang memakai jilbabnya hanya pada saat yang mereka inginkan saja. pun mereka memakainya hanya asal2an saja. tidak menutup aurat sesuai dengan tuntunan al qur’an dan memakai pakaian yang ketat (jilmon).

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang yang beriman, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Karena yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”. (Al-Ahzab:53)

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (An-Nur ayat 31).

149 thoughts on “fenomena jilmon (jilbab montox)

  1. oh yg diomongin ini pakean siapa? pakean cewek2 di kampus anda kan?

    btw, gw ga sirik sama pakean cewe atau cowo laen.. (dan gw ga punya cewe hehehe…)
    memang jadi cewe itu serba salah ya,… jilbab panjang dibilang oleh sebagian org fanatik dan kuper, jilbab modis dibilang ngga Islami, ga pake jilbab dibilang bukan akhwat… hehehe.. susah ya..

    IMHO, pakaian itu lebih pada hak/urusan pribadi, selama ngga melanggar norma hukum…
    kalau mau menegur saudari2nya, kayaknya lebih baik disampaikan secara langsung dan baik2.. pelabelan seperti ini kok rasanya mengandung harassment dan bagi gw terkesan -maaf- nyinyir.

    ini blog anda, terserah anda mau nulis apa. gw juga cuma menyatakan kesan gw..

  2. Jilbab bukan dianggap sebagai simbol agama, tetapi simbol budaya. Lebih baik ngga pakai jilbab tetapi perilakunya baik daripada pakai jilbab tetapi perilakunya bertolak belakang dengan ajaran Tuhan

  3. jitok sepertinya lebih enak diucapkan.

    jiltok, jilbab montoq
    jisi, jilbab seksi
    jisum, jilbab mesum
    jirek, jilbab perek
    jitum, jilbab tukang kulum

    halah… bisa batal ini puasah

  4. @ bakazero
    yang setengah2 katane enak……..
    hehehe
    gitu ajah kok repot……. :mrgreen:
    @ masindra
    ya…….lebih baik pakai jilbab dan taat agama……..
    bettul……..😆 😆 😆

  5. @ sigid
    lagi puasa takut terjadi fitnah………heheheheehe
    @ oddworld
    ??????
    @ guh
    di taha………………..n sedikit……….
    @ atmo4th
    emang sekarang cuman buat nutupin kekurangan ajah……….
    @ kopral geddoe
    ya seh………..berarti anda pengikut aliran “jangan lihat buku dari sampulnya”
    tapi tidak menutup kemungkinan orang juga akan menilai dari “bungkusnya……..”
    @ anggara
    great is muontox

  6. Sorry to offend, maksud saya banner di blognya mas Joesatch yang bunyinya “daripada mengejar syahwat lebih baik mengejar akhwat”
    Oya kalau pakai kerudung saja tu masuk kategori apa ya ? Kalau teman perempuan saya punya istilah lain, menurutnya “aku sih G(Ji)-Met mas, jilbab metal” 🙂

  7. @ konsultan

    “oh yg diomongin ini pakean siapa? pakean cewek2 di kampus anda kan?”

    saya kira di semua tempat, kampus saya cuman sampel.

    “IMHO, pakaian itu lebih pada hak/urusan pribadi, selama ngga melanggar norma hukum…”

    saya tidak hanya berpijak pada norma hukum semata, tapi norma agama yang jelas.

    “kalau mau menegur saudari2nya, kayaknya lebih baik disampaikan secara langsung dan baik2.. pelabelan seperti ini kok rasanya mengandung harassment dan bagi gw terkesan -maaf- nyinyir.”

    masak mau ditegur satu2……..heheheeh
    tentang pelabelan ini bukan dari pribadi saya tapi dari banyak pihak. terutama akhwat pengurus rohis yang lagi gencar mensosialisasikan jilbab sesuai tuntunan agama.

  8. @ oddworld
    yah………….sesuai nggak sama kriteria yang aku sebutin diatas?
    apapun istilahnya kita mah cuman nilai ajah………
    gitu ajah kok repot……….
    heheheheeh

  9. Jilbab bukan dianggap sebagai simbol agama, tetapi simbol budaya.

    Bukankah corak agama langit pada keseluruhan memang mempromosikan budaya? 🙂
    Saya rasa tidak apa juga berjilmon seperti itu, soalnya saya lebih menekankan ke moral daripada bungkusan…

  10. wakakakakakaka….

    Jilmon itu masuk kedlam kategori Ikhwit

    * Cewek : membiarkan rambutnya terbuka. Wanita2 inilah yang menganggap rambut

    adalah mahkota wanita yang layak diperlihatkan. Untuk mendapat wanita tipe

    ini, biasanya cukup dengan menjadi pria berwibawa, yaitu… wiiiii…bawa

    mobil, wiiii… bawa motor, wiiii.. bawa tukul.. lah koq…??? ^_^
    atau juga cukup dengan menjadi pria yang mempunyai kepribadian, yaitu : punya

    mobil pribadi, motor pribadi, rumah pribadi, dompet pribadi dan “burung

    pribadi” (nggak boleh minjem.. kekekkekee)
    Para cewek biasanya akan memakai jilbab kalo udah merit.

    * Ikhwit : wanita berjilbab tapi mengenakan jilbabnya hanya sekedar mengikuti

    trend. JAdi terkesan asal2an. Istilah ikhwit ini melahirkan beberpa istilah

    baru, yaitu :
    – jilmon : jilbab montok, berjilbab tapi bodinya terlihat jelas.. bohay euy
    – Jilbab modis : Jilbab yang mengikuti trend dan biasanya disesuaikan dengan

    pakaian dan suasana. Biar matching, gethhooowwww…!!!

    Untuk mendapatkan para ikhwit, sama seperti mendapatkan wanita bertipe

    diatas… bedanya, ikhwit agak membatasi diri. Ntah karena memang mengerti

    agama atau karena “MUNA”. Yang jelas… cewek berjilbab seperti ini nggak

    jaminan dia cewek baik-baik. (jangan dipukul rata, yaaa…!!! ^_^)

    * Akhwat : yang ini biasanya memakai jilbab yang lebar-lebar dan sangat

    membatasi pergaulannya. Biasa ditemui di tempat aktifis2 islam berkumpul dan

    pusat kegiatan islam lainnya.
    Untuk mendapatkan wanita tipe seperti ini, sepertinya agak syusyeee…

    biasanya cowoknya udah minder duluan… kekekekeke
    Sebenernya tipe ini sangat baik untuk dijadiin istri.. tapi gimana,

    yaaa…??? kurang sedapp dipandang, ah… ^_*

    Well… bagaimanapun saya lebih prefer tipe wanita yang pertama.

    Bagaimana dengan teman-teman…???

    PISS

    ^_^

  11. @ rdayt
    wedew……….
    anak siapa yapp?
    pinter bener………
    hwekekekek…..
    yo tergantung Situasi KoNDisi TolEraNsi pAndAnGan dan JANGkauannya……….
    hwekekekekek
    kalo diluar rumah: akhwat
    kalo dirumah:ikhwit
    kalo diK****:cewex……..😦 🙂 😆 :mrgreen:

  12. JILMON??? saia kira JILbab MONster…hohohoho
    lam knal yak buad emfuna blog ini!
    dari sesama orang yang mengaku gila… (o.O)
    ow ya, ati-ati tuh sama kopral geddoe, itu tuh calon nabi di blogosphere, fatwanya bisa mbikin kamu diharamkan tauk^^!

  13. well….

    hidup cuma sekali…kok dipake main-main…

    JILbab…
    begitu suci dan sakral
    kupandang dengan mata nanar
    air mata darah mengalir

    JILbab…
    harusnya suci dan sakral
    namun kulihat dengan luka
    mata merah merana

    JILbab…
    memang suci dan sakral
    sayang…
    banyak yang memunafikkan

    JILbab…
    kumemandang dengan duka
    menangis darah kecewa
    banyak yang mendusta

    buat semua…indahnya hidup disirami saling memberi solusi…jangan lagi saling memprovokasi.

    buat semua…indahnya hidup bukan saling menyalahkan…tapi saling mengingatkan…

    buat semua…mari “SAMPAIKAN WALAU SATU AYAT PUN….” dengan kelembutan dan penuh cinta kasih sesama…

    so…?

    L0ve peace

  14. bulan puasa bukaane masih aja 3GP… ck ck ck…

    klo di bandung terkenalnya jilbab lontong :D:D banyak pada berseliweran sore hari diseputaran tegal lega……..

  15. piye maksudnya mas abee? aku pake jilbab, tp ga montoq.. hehe.. tp ga tau penilaian orang, yang penting kan penilaian Allah tho?..

  16. Pake jilbab aja kelakuannnya , ampuuuuuuuuuuuuuuuuuuun!!!!!!
    apalagi ga pake jilbab…..
    Tapi ga semuanya yang pake jilbab itu baik
    dan ga semuanya ga pake jilbab itu ga baik

    tergantung personil masing-masing

    di era sekarang ini jilbab udah banyak disalahgunakan……………

  17. Assalamualaikum Ehm. Sebagai salah satu muslimah berkerudung, saya tidak berani mengatakan jilbab karena tidak menutupi seluruh tubuh saya. hanya menutupi kepala. tapi yang pasti tidak membuka aurat saya. saya kira pengertian tentang jilbab sendiri banyak yang keliru. jilbab sendiri dalam Islam adalah kain panjang penutup kepala sampai batas perut. jadi bkn jilbab dalam pengertian yang anda katakan. kalau yang anda maksud itu adalah kerudung mas. jadi tolong diperhatikan. selain itu coment buat co2 diatas, saya kira lebih baik mencoba untuk menutupi auratnya daripada tidak sama sekali. dan yang pasti lebih kepada keyakinan masing2 untku memakainya. Wassalam..

  18. @ dinda
    dinda………..makanya saya mengklasifikasikan kalau pemakai jilbab itu ada TIGA
    dan hanya satu yang sesuai tuntunan al Qu’ran
    makasih dah mampir :mrgreen:

  19. ikut berpendapat dong…yah gue juga salah satu wanita berkerudung yang rada ngenes baca comment2 kalian diatas.

    daripada “mencaci maki” wanita2 yang sudah berusaha mencoba mengikuti ajaran agamanya mending kita appreciate dan encourage mereka untuk lebih memperbaiki. jujur gue lebih seneng kalo orang menghargai usaha daripada menyalahkan apa yang gue perbuat dan akan lebih mudah untuk berubah apabila dihargai usahanya (dont you all feel the sama?)

    daripada sibuk membahas wanita2 yang dikategorikan sebagai jilmon mending menggalakan seruan kepada mereka yang belum terpanggil untuk mengenakan jilbab

    oh satu lagi…mengenakan jilbab sesuai ajaran agama tidaklah harus jilbab panjang sampai mata kaki dan menggunakan penutup muka sehingga hanya terlihat segaris mata mereka aja (bukan berarti yang kayak gitu gak boleh loh ya..) tapi yang penting adalah jilbab menutupi dada, pakaian tidak membentuk tubuh dan yang keliatan cuma aurat seperti ketika kita shalat (muka ma telapak tangan)

    puihhhh…akhirnya keluar juga pendapat gue….

  20. @ miss Dee

    daripada “mencaci maki” wanita2 yang sudah berusaha mencoba mengikuti ajaran agamanya mending kita appreciate dan encourage mereka untuk lebih memperbaiki. jujur gue lebih seneng kalo orang menghargai usaha daripada menyalahkan apa yang gue perbuat dan akan lebih mudah untuk berubah apabila dihargai usahanya (dont you all feel the sama?)

    😆 saya tidak mencaci maki kok, cuman mbahas fenomena yang ada

    daripada sibuk membahas wanita2 yang dikategorikan sebagai jilmon mending menggalakan seruan kepada mereka yang belum terpanggil untuk mengenakan jilbab

    iya2……..

    oh satu lagi…mengenakan jilbab sesuai ajaran agama tidaklah harus jilbab panjang sampai mata kaki dan menggunakan penutup muka sehingga hanya terlihat segaris mata mereka aja (bukan berarti yang kayak gitu gak boleh loh ya..) tapi yang penting adalah jilbab menutupi dada, pakaian tidak membentuk tubuh dan yang keliatan cuma aurat seperti ketika kita shalat (muka ma telapak tangan)

    wach……..bukannya di Al Quran da Hadits dah jelas kalau wanita disuruh mengenakan jilbabnya menjulur sampai puser?
    kalo yang kayak (maaf) “ninja” itu menurut tata cara yang diyakini pemakainya :mrgreen:

  21. ya sih memang benar.. saatsekarang ini banyak orang menggunakan jilbab hanya sebagai ..topenng belaka.. tidak mengenali isi yang terkandung di dalamnya… dan kebanyakan orang mempergunakan jilbab hanya ingin di nilai oleh orang lain bahwa dirinya itu baik.. memang benaritu salah satunya tetapi yangterutrama… untuk mencari keredhoannya dan mengikuti perintahNya …kalau boleh pesan sih hidup itu hanyalah sementara.. untuk apa kita mendahulukan nafsu kita yangbisa membuat kesesatan bagi diri kita … INGAT AKAN AzAB ALLAH KARNA ITU SUDAH PASTI AKAN ADA….

  22. gue penjahat memang….
    tukang main togel n peminum….
    tapi gua tak sukak nengok cewe yang…
    pakaiannya membuat orang naik nafsu…
    ku prkosa aku d salahkan…
    padahal dia dulu yang mulai…
    kalau lihatcewe pakai jilbab kita yang segan …
    meskipun kita gtau apa hati dia busuk apa tidak….

  23. numpang absen😀

    smua tergantung personilnya, n ga salah juga dan yg memang pakai jilbab sesuai aturan tuh sedikit (dari yg aku kenal)😛

  24. Assalamu’alaykum
    Aku baru pertama masuk ke blog ini. Rame juga ternyata.
    Menurut aku nih.. Allah SWT telah memberi manusia AlQuran sbg pegangan hidup/aturan yg menjamin keselamatan manusia baik di dunia atau di akhirat.
    Manusia diberi Tuhan pikiran dan pilihan. Jadi kita mau ikut yg mana itu adalah pilihan kita. Kalo kita memilih jalan Tuhan ya berarti kita harus benar2 menjalankan syariatnya. tapi kalo mau mengikuti tren ya.. silakan.
    Jadi skrg kan kembali ke masing2 individu, apa mau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan atau melanggarnya dengan cara memodifikasi aturan tersebut dengan alasan apapun, entah itu takut dibilang ga gaul lah, ga sexy lah, fanatik lah, kampungan, dsb.
    Oya, menurut aku lagi nih, muslimah WAJIB menutup auratnya. Ga harus kain yang menjulur sampe ke kaki. Tapi cukup menutupi dada. n tentunya didukung baju muslim yang pantas bagi seorang muslimah, yaitu yg tidak memperlihatkan lekukan tubuh. Teman2 tentu ingat pernyataan ini kan.. “berpakaian tetapi telanjang”. Silakan dimaknai sendiri.
    Sesama muslim/muslimah wajib mengingatkan.
    Salam kenal buat Abeeayang dan teman2 yg lain! Wassalamu’alaykum.

  25. @ cewek

    cewek kLo pkejilbab cantik lo,,sgt! tp Klo jilmon…

    monyongnya keliatan :mrgreen:
    @ adie
    mari berucap astaghfirullah……
    @togel
    berarti menurut anda kasus pemerkosaan bukan hanya dari niat pelakunya tapi karena adanya kesempatan?
    waspadalah! waspadalah!
    @ gustin
    yapp tergantung personilnya, semoga mereka bukan jilmon
    @ Moh Isnaini
    asyem……………gue nggak gitu 👿
    @ mrs. dani
    wa alaikum salam Wr Wb
    salam kenal jugax :mrgreen:

    Oya, menurut aku lagi nih, muslimah WAJIB menutup auratnya. Ga harus kain yang menjulur sampe ke kaki. Tapi cukup menutupi dada. n tentunya didukung baju muslim yang pantas bagi seorang muslimah, yaitu yg tidak memperlihatkan lekukan tubuh. Teman2 tentu ingat pernyataan ini kan.. “berpakaian tetapi telanjang”. Silakan dimaknai sendiri.

    yapp setuju buanget, bu. kita kembalikan pada pribadinya masing2 masing dalam menjalankan perintahNya.
    makasih telah mampir ke blog saya :mrgreen:
    wassalamu alaikum Wr Wb

  26. dulu jamanku esemu, jilbab belum ngetren, jadi yang pake jilbab gak githu banyak, tapi adalah…dan satu yg pasti, yang pake jilbab emang bener2 terjaga auratnya, karna emang bukan jilbab tren-trenan ajah… dan gak diwajibkan kok sama sekolah.

    sekarang?
    setelah fenomena jilbab mangkin merebak, mangkin ngetren, dan sekolah2 pun banyak mewajibkan/menghimbau murid2 nya, akhirnya turut memunculkan pulak fenomena jilmon seperti postingan kang abee, di satu sisi, positiBH bahwa mangkin banyak perempuwan yang berjilbab, di sekolah, kantor, dll, tapi di sisi lain, mangkin banyak penampakan jilbaber palsu, yang cuma sebatas fesyen ajah, dan belum menyentuh kepribadiyan.

    semoga yang termasuk golongan jilmon (jilbab montok) tsb segera disadarkan…

  27. mangkin banyak penampakan jilbaber palsu, yang cuma sebatas fesyen ajah, dan belum menyentuh kepribadiyan. semoga yang termasuk golongan jilmon (jilbab montok) tsb segera disadarkan

    yapp setuju! memang sekarang jilbaber :mrgreen: makin banyak dan sayangnya hanya sebagai fesyen belaka dan yang ada hanya “asal pake”.
    dan…..yapp semoga bukan hanya sebagai fesyen semata :mrgreen:
    makasih buat sampeyan yang sudah sudi mampir di blognya orang katrok ini :mrgreen:

  28. Saya termasuk pro jilbab bercadar sebab saya juga begitu. Dan sepertinya kategorimu tentang jilbab belum sesuai dengan alquran dan assunnah.. Menilik bagaimana istri Rasulullah dan sahabat.

  29. @ dea
    hehehehehehehehehehe apa anda pernah liat istri rasul? Maaf becanda :mrgreen:
    saya menangkap bahwa di alquran dan assunah disuruh menutup aurat wanita seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. (rasulullah menunjuk ini (muka) dan ini (telapak tangan).
    dan kategori yang saya tampilkan diatas:

    @ pemakai jilbab yang sesuai dengan tuntunan al quran. mereka memakai jilbab dengan menutup semua anggota badannya yang menurut islam adalah aurat bagi perempuan. merekapun memakainya setiap saat baik bepergian maupun dirumah. mereka membukanya hanya kepada muhrimnya saja.

    jadi? bukanya harus gidu?
    dan sekali lagi maaf, saya bukan mbahas tentang jilbab yang bercadar atau tidak, namun seperti postingan saya, saya hanya mengkategorikan 3, dan mungkin yang sampeyan maksud telah saya kategorikan sebagai kategori pertama (yang sesuai tuntunan rasul, walaupun “pemahaman hadist kita berbeda”)

  30. gw ada rencana makai jilbab..tp kalo gw lihat2 kok sekarang yg makai jilbab banyak yg penampilannya melebihi orang yg tdk makai jilbab alias pakainya sexi, jd menurut gw yg perlu di benahin yaitu moral dan akhlaknya dl baru kita mulai ke penampilan, jd jika moral kita dah bener trus di imbangi dgn memakai pakaian yg sesuai tuntutan agama pasti lebih baik.

  31. @ ade
    semoga cepat terlaksana dan tentunya dikau makai jilbab yang sesui dengan tuntunan :mrgreen:
    @ saiful

    aku setuju dengan pemikiranmu terus maju ukhti.salam kenal dari ku

    kata2 buat aku? 🙄
    aku khan lelaki tulen 😦
    tapi…lam kenal jugax :mrgreen:

  32. jilbab adalah memang sudah suatu kewajiban. apa yang diperintahkan oleh Allah maka harus kita laksanakan. dan apa yang di larang oleh Allah sudah pasti harus ditinggalkan.
    sama halnya kita dilarang oleh Allah makan babi, maka semua muslim taat akan hal itu.
    sama halnya dengan jilbab. begitu Allah memerintahkan memakai kerudung dan memanjangkan jilbab maka itu sudah suatu kewajiban dan harus di taati.

    “tidak penting pake jilbab, yang penting masih berperilaku muslim atau sesuai hukum yang berlaku dan tidak mengganggu orang lain.”
    itu adalah pandangan yang salah. itu sama saja hal nya dengan contoh babi tadi, “Berarti babi itu bisa dimakan asal sudah tidak ada cacingnya”
    padahal perintah menjauhi dari memakan babi dan memakai jilbab redaksi di dalam al-qur’an adalah sama yaitu menggunakan konsep perintah.namanya perintah ya.. harus di taati apalagi yang memerintah adalah Allah (tuhan kita)
    coba kita liat terjemahan ayatnya:
    ini tentang babi:
    Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah …. (AL BAQARAH (Sapi betina) ayat 173)
    ini tentang jilbab dan kerudung:
    Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang yang beriman, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Karena yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”. (Al-Ahzab:53)

    Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (An-Nur ayat 31).

    kalo orang yang tidak taat sama perintah ya.. ingkar namanya. dan jika itu adalah seorang muslim maka patut dipertanyakan ke islamannya.
    makanya jangan jadi orang yang asing dengan agamanya. marilah kita mengkaji islam biar kita tidak tergolong dalam orang-2 yang asing agamanya tadi.

    wallahu a’lam bissawab.untuk diskusi: 081310942979

  33. Beee.. kategorinya masih kurang tuh…
    1. Jilbab terbuka, rambut gak ketutup, kaki kadang ketutup, kadang kagak
    2. Jilbab pendek, rambut sampe dada ketutup, kaki ketutup
    3. Jilbab panjang, rambut sampe perut ketutup, kaki ketutup
    4. Jilbab montok, rambut ketutup, dada kebuka
    5. Jilbab mogle, rambut ketutup, kaki sampe rambut bawah kebuka….
    6. Jilbab gelap, rambut doang yang ketutup… semua kebuka…..

  34. heeh,, jadi merinding bacanya,,
    well,, bagaimanapun, paling bagus memang, pake jilbab yang sesuai aturan, dan menjalankan perintah NYA serta menjauhi larangan NYA,,

    mungkin proses menuju ksana nya yang beda2 ya??
    *bingung deh*

    yaudah,, salam knall,,

  35. jilmon, istilah baru ….. baru saya denger maksudnya
    maklum saja, kakek atau abah, demikian cucu2ku menyapa
    jadi istilah demikian terasa asing ditelinga
    al-ahzab:53 dan an-nur:31, adalah peringatan yang nyata
    gunakanlah iman, bukan perasaan atau logika
    semoga proses dan pendewasaan, terjadi pada semua blogger wanita
    sehingga laknat Allah tidak terjadi pada diri dan bangsa kita
    amin ya robal alamin, semoga Allah mengampuni dosa2 kita semua

  36. JILBAB DAN KERUDUNG ADALAH 2 HAL YG BERBEDA
    JILBAB:PAKAIAN TERUSAN PANJANG MENUTUPI SELURUH BADAN SAMPAI MENUTUP PERMUKAAN KAKI kecuali wajah dan telapak tangan yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim
    KERUDUNG: KAIN PENUTUP KEPALA TERMASUK RAMBUT, LEHER DAN DADA KECUALI WAJAH.
    ari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

    Kata jilbab (bahasa arab: جلباب ) di Indonesia merujuk pada jenis pakaian berupa penutup kepala dari helaian kain, atau sering juga disebut dengan kerudung atau Kudung (Malaysia). Pengertian ini sebenarnya salah kaprah dan hanya berlaku di Indonesia. Di negeri Islam lainnya , jilbab lebih merujuk pada pakaian terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali telapak tangan dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan ajaran Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Sementara kerudung sendiri di dalam Al Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31 : “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya.”

    [sunting] Berjilbab yang benar

    kriteria jilbab yang benar harus menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak , jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas. [1]

    Pendapat yang sama sebagaimana dituturkan Ikrimah, jilbab itu menutup bagian leher dan mengulur ke bawah menutupi tubuhnya,[2] sementara bagian di atasnya ditutup dengan khimâr (kerudung)[3] yang juga diwajibkan (QS an-Nur [24]: 31). Pendapat ini dianut juga oleh Qardhawi sebagaimana dicantumkan pada kumpulan fatwa kontemporernya [4]

  37. @ zilla
    yapp terimakasih atas penjelasannya, secara gamblang anda menjelaskan tentang jilbab dan perbedaannya dengan kerudung atau kudung.
    yang saya utarakan diatas adalah keresahan saya yang melihat tentang wanita sekarang yang memakai kerudung tapi masih ketat dan bukan jilbab yang sesuai dengan tuntunan al quran dan as sunah
    makasih atas masukannya 😀
    syalam kenal

  38. Aq brjlbab karna printah Alloh dlm surat an Nur ayat 31. Bagi yg g mw brjilbab brrti ga mw nuruti printah Alloh, konsekuensinya di akherat dia dpt………… Trsrah orang bilang apa, kalian bukn tuhan q. Alloh Tuhan q. Aq takut di akherat nnt dpt siksa. Titik

  39. wanita emang susah ditebak…

    Dikiranya pendiem eh ternyata bawel😀
    Dikiranya baik dan perhatian eh ternyata cuek😦
    Dikiranya lembut eh ternyata sering nyubit dan mukulin😥

    Dikiranya soleh (berjilbab) eh ternyata ………….

  40. hey!!!! itu foto kakakku!!! koq dipake c??? dah ada izin bloom!!???? tapi emang tujuannya baek c, buat nyadarin yang lain kan(dakwah). tapi kalo bukan, aku ga setuju!!!!

  41. hmmm jilbab…
    sudahkah kita berjilbab…???
    kita semua baik perempuan maupun laki-laki seharusnya memakai jilbab di setiap kesempatan (di jasmai dan rohani)…”tidak diartikan hanya sekedar penampilan lahiriah”
    dimana dengan itu kita mengarah kepada sikap yang jauh lebih baik dan mulia…

    dengan kita berjilbab maka:
    disana ada senyuman yang ikhlas..
    disana ada keramahan yang tulus…
    disana ada kebaikan dan sifat menolong…
    disana ada keyakinan sikap dan usaha berjihad dalam membenarkan bagi yang salah…
    disana ada kesadaran bahwa tidak mementingkan diri sendiri…
    disana ada niat ibadah hanya kepada Allah…
    disana ada kesadaran untuk tidak egois ingin masuk sendirian ke dalam surga Allah…
    disana ada kesadaran untuk terus mengajak orang lain kejalan kebenaran…
    disana ada niat mengembalikan kejayaan Islam terdahulu…
    disana ada kesadaran dan usaha untuk tidak melakukan syiar hanya kepada golongan tertentu saja….

    oh jilbab…itu adalah kemuliaan…bagi yang tau dan mengerti serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari dan hingga akhir hayat…

  42. isbir…………menapaki hidup tdk seindah bayangan kita..trus lah istiqomah…doakan mereka yang blum dpt hidayah……….MBAK!!!!!!!seandainya kita ini tdk sbr mlihat mereka …………..niscaya kami akan adakan serangan2 yg brupa bom bom yg mmatikan….akan kah kami mbunuh mereka yg blum dpt hdyh???mereka msih muslim…la tahzan innallaha ma’ana..MBAK dtg ke ulul albab bekonang-tulakan-godog sukoharjo-solo..bisa di lihat brp yg sudah bercadar??smuanya butuh waktu yg lama n ksabaran…slamat bjuang.
    p3muda_b3nua@yahoo.co.id

  43. SMA di daerah Ndutz malah “mewajibkan” siswinya make jilbab..cz klo g pake nile PAI mereka bakaln trun drastis..meskipun kalo olahraga sering gak dipake ato dikelaspun gt..ck..ck..ck

  44. Perlu dikembalikan dulu. Jilbab yg dimaksud bos.. Jilbab atau hanya pakaian yg seperti jilbab coy..
    Jd orang2 kafir dulu diArab jg pada pakai pakaian spt itu (seperti jilbab yg lebar)nah waktu islam datang sangat sulit bedain mana yg islam dan mane yg bukan bro! org2 kafir jg berkelakuan gak bener. spt malem2 keluar dikebon dan seeerr..
    pipis😀 lalu nabi menyuruh wanita muslim untuk bercadar supaya dpt dg mudah dibedakan..
    jd dlm islam tuh.. (ceile.. kayak ustad aja neh) wanita diwajibkan menutup AURAT. jd memakai celana sarung dll boleh. asal aurat tertutup.. AKAN TETAPI. manakala keluar rumah…
    wanita muslim DIWAJIBKAN untuk ber JILBAB. nah arti jilbabnya dibalikin dong! dari yang mengeluarkan kata jilbab itu.. siapa lagi kalo bukan islam! bahkan itu merupakan kata baru tuh dl bahasa arab. yang terus ditafsirkan sebagai pakaian LURUS yang menutupi aurat. liat terjemahan ttg jilbab di alquran$terjamah disurat Annisa atau ALAHZAB nah dicatatan kaki ada tafsirnya
    ya.. kalo jilmon, jilblog,jila(gila),jilat,dll itu baru kategori nutup aurat mbbaaakk… dan bukan jilbab!
    KEMBALIKAN KE ASALNYA DULU dong.. baik makna dan hukumnya..
    sudah bagus tuh kalo ada wanita Berjilbab nah kalo diluarnya wallohualambishowab melakukan maksiat.. Hmmm.. ya.. dosanya jadi kehitung satu,maksiatnya doang!.. yg parah kalo gak berjilbab melakukan maksiat! dobel tuh dosanya! DOBEL DOSANYA!!!
    UDAH GAK BERJILBAB MAKSIAT PULA! KELAUT AJA DEH LO! kalo tapi masalahnya mau berjilbab atu kagak .. terserah deh.. Allah juga membolehkan.. BEBASSS… FREEEE.. Allah memberikan kita kebebasan dlm memilih kok.. MAU ISLAM ATAU KAFIRRR.. MAU TAAT ATAU TIDAK .. TERSERAHH… tapi ingat setiap kita buakalan MATI.. jadi piki2 dulu sebelum mengambil keputusan..
    Neraka sudah disiapkan oleh Allah bagi yg Kafir dan nggak taat..
    Dan surga bagi kalian2 tang tunduk dan taat…
    jadi jangan nagisss.. kalo besok kalian2 yg tidak tunduk dan taat dijebloskan ke neraka.. jangan nagis… yg disurga tinggal bilang… “cuciiiiaaannnnn dehhh loooo….!!!!”

  45. tapi yang paling penting hati dan akhlaknya. gw pernah ketemu cewe pake jilbab, namun… ternyata dia menawarkan jasa… Tragis!!

  46. JILMON..ade-ade aje..
    jgn2 Jilbab merk Monalisa.
    Ada tambahan nih, Jilek : Jilbab Pilek (pake Jilbab tapi “meler” terus…rambut-kelakuannya)..
    salam kenal yaa.. dari BATAM
    Eh, AKu gak PAKE JILBAB!! AKU MENOLAK!! soale aku Cowok..wakakkaka

  47. jilbab memang simbol seorang muslimah,,tapi apakah kita tau bahwa jilbab juga bisa dipakai bukan oleh seorang muslimah,,,,
    jadi kudu ati-ati sekarang aja guwa gak bisa bedain mana yang asli ama mana yang palsu/bajakan,,,karna gwa khawatir ada penyalah gunaan oleh oknum,,,doang!
    jadi buat pemakai jilbab waspadalah,,,,waspaslah,,,,kata bung NAPI,,he,,,he,,,he!
    salam kenal dari gwa anak LMP-PLM sumsel .Wasalam.

  48. Iya, betul jugag.
    Bahkan sejak SMP, udah bisa dibedain mana yang bener-bener pake jilbab dan mana yang cuma dibuat fashion.

    Tapi yang bisa aku berikan catatan sih…
    Akhwat yang jilbabnya panjang dan bawahannya pake rok itu selalu menjaga diri dan nggak mau nyentuh ikhwan waktu salaman.

    Untuk cadar…
    Menurut hadits yang aku baca, semua istri Nabi SAW opake cadar lho Mas Yusuf. Soalnya diwajibkan sama Beliau SAW.
    Kalo anak-anaknya dan muslimah lain selain istri Beliau SAW, ya itu tadi… menutup selain wajah dan telapak tangan.
    Sampeyan bisa nyari referensinya di
    http://jilbab.or.id dan http://muslimah.or.id

  49. salam
    bukan cuma jilmon sekarang malah ada jimet alias jilbab metal, yang gw faham sih jibab itu sebenarnya sebutan untuk baju panjang yang dipakai perepmpuan yang menjulur sampai bawah ya semacam gamis gitu deh, kalau penutup kepalanya sendiri namnaya khimar ya kerudung gitu, yang kalau dipakai mesti menutup dada, tapi emang susyah berislam kaffah itu🙂

  50. seharusnya wanita pemakai jilbab dianggap penyejuk mata karena tidak menimbulkan nafsu dengan melihat cuman kalai sudah jilmon (nafsu : ON).

  51. Fenomena jilbab memang tergantung dari yang makai, niatnya untuk apa, untuk tampi lebih cantik atau hanya sekedar latah. Kalo niatnya mengikuti perintah ALLAH maka INsya ALLAH akan berusaha semaksimal mungkin berjilbab yang syar’i. KAlo belum mampu maka berusahalah ..

    btw gambar yang terakhir sampeyan pernah nonton berarti yah .. hayoh ..?? dah dihapus belum ..??😛

  52. Wah pembahasan yg bagus nich, tentang jilbab. Alhamdulillah aja deh komunitas di tempatku dah pada pake jilbab gede. Alhamdulillah juga yg pake cadar juga lumayan banyak. Oh ya yg ngirim komentar a/n zakey itu siapa ya?

  53. kenapa yang jadi topik jilbab, bukan para suster yang selamanya tidak boleh menikah.suster juga manusia, pasti punya nafsu.kemana mereka menyalurkan?masturbasikah, atau menikah dengan para romo yang juga gak boleh nikah.iiiiiih kasian deh mereka ya.memendam rasa.

  54. emang udah ada aturannya kan!!!
    so klo mo baik dengar juga kritikan
    jangan nganggap itu bukan masalah atao mo cari masalah
    bravo mas
    gitu dong mang harus gitu
    ayo terus biar ga kebablasan si jilmon
    man lu mo pake jilbab ato????

  55. Teman yang paling di sukai Iblis, ialah Wanita. Bagi Iblis, wanita itu, sangat tepat sasarannya, bila Iblis ingin menjerat seseorang yang ber Iman.
    Tapi kalu Pemerintah tidak menghendaki Islam secara menyeluruh, sudah tentu rakyatnya, yang kuat Iman sahaja yang mau melaksanakan ajarannya. Yang lainnya tentu berpendapat, orang pemerintah ada juga yang berselingkuh. Perduli amat dengan Dausa. Alangkah berat hukumannya bagi pemerintah yang tak nak mendirikan Islam. Kita yang muslim tentu berebut-rebut jadi pegawai pemerintah, sebab gaji sudah ditentu perbulan. Kadang lupa kita mengingat, apa tanggung jawab kita di hari akhir nanti. Kita selalu mengatakan Orang Kafir selalu ingin menghancurkan Islam! Kita, macammana? Yang kita yakin: Sebahyang/Solat, Puasa, Zakat, Haji, yang selebih tugas Ulama/Ustaz2 mengkempanye di Mimbar-mimbar, sementara Pemerintah “Cuwe’k sahaja, seolah2 Islam ini bukan tanggung jawap mereka………. Thanks.

  56. menjadi perempuan emang gga gampang banyak hal yg bisa d expose..
    kalo liat fenomena ini, kita harus positive thinking, mungkin dy sedang dalam proses. dan mendoakan agar menjadi lebih baik..

    salam kenal. view balik yaa.🙂

  57. woww..

    di sekolah saya aja jilbab golongan 1 uda sangat2 langka. mungkin uda mau punah😛

    malahan, yang ga pake jilbab jumlahnya ngalahin yang pake jilbab..
    walahhhh

  58. menurut gue, aurat itu hanya ditampakkan pada orang yang menjadi suami kita, keluarga dan teman-teman muhrim.bukan ke semua orang dong.trus kalo yg pake jilbab ketat, harusnya nyadar, fungsi jilbab kan buat nutupin yang “itu”, jadi harusnya jgn di ketatin dan bikin “itu” nampak.

  59. aku sendiri juga dipusingkan oleh permasalahan ini, meski ga ikut pake jilbab, setidaknya kalo berada di sekitar orang-orang seperti 2 contoh terakhir itu, bingung juga harus di nasehati atau tidak. seharusnya kalau sudah memutuskan untuk berjilbab, ya istiqomah..

    hem..
    semoga calon istriku besok termasuk golongan orang yang pertama itu. aminn..
    *jauh bgt udah mikirin istri..pacaran aja belum..:)”

    met kenal ya..
    blogger newbie nih..

  60. kenapa semua orang tidak berani untuk memakai jilbab , bukannya dengan memakai jilbab mereka jadi terjaga dari kejam nya dunia yang menghadirkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab kepada para wanita ,,

  61. Wedew.
    Diliat dari blognya n tulisannya, kayaknya kang abeee nih orang yang rada..” \ “..
    Ngerti kan?

    Wewew sori kang.
    Ente jauh lebih maju dari ane.
    Ane prnh nyoba nasehati langsung keorangnya.
    tapi ane orang yang kasar gak bisa alus.
    Walhasil bukannya menentramkan malah menyakiti.
    Lebih parah: malah kena semprot dari temennya!!

    makanya, ati2 kalo nasehatin cewex. Jangan sampe malah menyakiti.

    Wewew… salam kenal ajah :-p

  62. yah…. emang jilbab itu baik, karena Allah telah memerintahkan kepada kaum hawa….. u memakainya…
    tapi jaman sekrang beda….
    dimana hanya diartikan menutup kepala ….

  63. bener bgt bawah ak pengen cerita bahwa sekarang ini cewek atau wanita yang memakai libab pada dasarnya hanya tuntutan facition aj, banyak dari meraka yang tingkah lakunya ga mecerminkan pakaiannya..ada orng yg berjilbab hobi berselingkuh, ada yg punya suami tp bisa di goda dgn laki2 lain, bahwa berhati2lah kaum adam yg berkeluarga bahwa sekarang ini ga ada jaminan untuk para kaum hawa….dandani tingkah laku kita dulu baru orng di sekitar kita

  64. lebih baik ga usah fokus pada orang yang berdosa! tapi fokus pada diri sendiri! dosa apa yang telah kita perbuat!

  65. kalau saya sih lebih respek dengan cewek dengan pakaian biasa tapi sopan, daripada pakai jilbab tapi montok dan sering kelihatan pusernya. (munafik).

    Yang lebih baik adalah pakai jilbab sesuai aturan dan etika etika kepantasan.

    kalau gak ada ya, yang penting berpakaian pantas.

    Jilbab montok? wah, berat. gak punya prinsip.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s