ku buat hancur pidatonya!

Suatu kali pak Maman dipuji-puji karena beliau ini orator yang sangat ulung. Kata-katanya bisa menyihir banyak orang. Orang bisa terpengaruh dan melakukan hal-hal yang pak Maman perintahkan. O iya pak Maman ini tukang pidato pada sholat jumat alias seorang khatib. Jika sudah di mimbar orang terasa tersihir dengan kata-katanya hingga tertegun mendengarkan pidatonya. Suatu kali sang istri mendengar pujian dari orang-orang disekitarnya. Bu maman ini kemudian berkata pada semua orang: “besok akan ku buat suamiku tak bisa bicara (pidato)”

Karena setiap jumat dia harus memberikan khutbah, jauh hari sebelumnya pak Maman mampersiapkan naskah pidatonya. Hari senin ketika hendak menuliskan naskahnya, istrinya menyuruhnya membelikan sesuatu diwarung, ia pun tidak jadi menulis, setelah pulang ia lanjutkan lagi menulis, istrinya kembali menyuruhnya menggendong anaknya yang sedang menangis kejadian ini berlangsung hingga hari kamis. Kamis malam  dengan terkantu-kantuk ia menulis naskahnya.

Akhirnya jumat pagi telah tiba, naskah khutbah belum jadi. Saat sholat jumatpun tiba. Pak Maman pergi ke masjid dengan wajah lesu karena naskahnya belum jadi. Tiba saatnya dia naik keatas mimbar.

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

alhamdulilahi robil alamin asholatu wasalam ala muhamadin wa ala alihi shohbihi wasalam.

amma bakdu

…………………

………………….

…………………

amma bakdu

………………….

………………….

…………………….

amma bakdu

begitu seterusnya ia hanya mengucapkan “amma bakdu, amma bakdu” para hadirin tercengang heran melihat pak Maman gelegapan tak bisa bicara.

*fiktif*

*artikel terkait MONYONGMU

4 thoughts on “ku buat hancur pidatonya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s