Harajuku

Anda suka yang berbau jepun? atau suka anime jepun? yapp pastinya anda atau dilingkungan anda  ada yang suka dengan  hal-hal yang berbau jepun.  Kartun jepun (anime) misalnya,  banyak dari  sekeliling kita yang suka dengan  kartun jepun, doraemon, shinchan, naruto dll. Tapi disini saya tidak membahas mengenai kartun (anime) jepun. Bahasan saya mengenai harajuku.
Mungkin dari anda semua mengenal harajuku adalah pakaian khas remaja jepun yang “aneh”. Rambut yang dicat warna-warni, pakaian tabrakan dan yang jelas “nyleneh”. Akibat dari gaya nyleneh ala orang jepun ini, banyak orang yang tidak tertarik untuk mengadopsi gaya tersebut. Namun tidak semuanya, gaya ini punya peminatnya tersendiri.
Di indonesia misalnya, banyak artis kita yang ikut-ikutan mengikuti mode dari negeri sakura ini. J-Rocks, R.A.T.U, Agnes Monica, She, Garasi adalah contohnya. Namun saya rasa J-Rocks yang lebih mengadopsi secara keseluruhan budaya jepun ini, sedang artis lainnya hanya dalam hal pakaian saja.
Minimnya  distro dan mahalnya kelengkapan pakaian gaya jepun ini adalah faktor utama tidak boomingnya gaya jepun ini dibanding gaya ala bangsa barat. Akibatnya pengagum style jepun ini banyak yang “asal asalan”. Asal rambut di cat warna-warni, asal dandan dengan pakaian tabrakan dan aneh.
Tentang harajuku
Harajuku (原宿?) adalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Meiji Jingū, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita (Takeshita-dōri), departement store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi. Harajuku bukan sebutan resmi untuk nama tempat, dan tidak dicantumkan sewaktu menulis alamat.
Setelah dibukanya berbagai department store pada tahun 1970-an, Harajuku menjadi pusat busana. Kawasan ini menjadi terkenal di seluruh Jepang setelah diliput majalah fesyen seperti Anan dan non-no. Pada waktu itu, kelompok gadis-gadis yang disebut Annon-zoku sering dijumpai berjalan-jalan di kawasan Harajuku. Gaya busana mereka meniru busana yang dikenakan model majalah Anan dan non-no.
Sekitar tahun 1980-an, Jalan Takeshita menjadi ramai karena orang ingin melihat Takenoko-zoku yang berdandan aneh dan menari di jalanan. Setelah ditetapkan sebagai kawasan khusus pejalan kaki, Harajuku menjadi tempat berkumpul favorit anak-anak muda. Setelah Harajuku makin ramai, butik yang menjual barang dari merek-merek terkenal mulai bermunculan di Omotesando sekitar tahun 1990-an.
Perlu diketahui dandanan ala jepun ini bukan hanya harajuku namun ada Omotesando, Shibuya, Dakinyama, dan Ginza.  Mereka mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini:
  • Harajuku

  • Shibuya
  • Omotesando

  •  Daikanyama
Iklan

30 thoughts on “Harajuku

  1. Gimana yah… Kalo liat orang yang harajuku style itu saya iatnya kagum aja, apalagi cewek..
    Tapi saya sendiri ga gitu tertarik dandan ala harajuku gitu. :mrgreen:

  2. @ rozenesia
    coba ajah gun, barang kali malah cocok 😆
    @ niez..
    koyok ngene lho ndhuk…
    costplay=costum play itu kan pakaian ala super hero dan kartun di tv, dan costplay keknya bukan hanya kartun jepun bisa saja costplay superman, batman, dan…pak man nyang jualan bakso pinggir kampusmu kae lo nies… :mrgreen:
    kalok harajuku…tak lurusin dulu yaks, sebenarnya harajuku bukan satu-satunya gaya pakaian jepun, kebanyakan orang salah tafsir(kalok dandanan “aneh” rambut dicat warna warni, pakaian tabrak2 itu orang2 namai itu harajuku) sebenarnya harajuku adalah salah satu”tempat nongkrong” dan salah satu pusat mode gaya pakaian pemuda2 jepun.
    Model “aneh” ala pemuda jepun ini ada banyak, selain harajuku ada shibuya,omotesando,daikanyama,ginza yang sebenarnya adalah nama sebuah distrik di jepun.
    jadi, model dandanan ala jepun bukan hanya harajuku, untuk ciri khas masing2 distrik bisa dilihat gambar diatas dan lengkapnya bisa buka link ku diatas.
    *sampe berbusa* 😆

  3. makasie penjelasannya…
    soalnya banyak banget anak kampus saya yang suka cosplay-an klo lagi ada event jepang2 gitu dengan dandanan yang kaya di gambar itu. dan saya juga pernah liyat di tipi (saya juga punya tipi ternyata) klo cosplay itu ya kaya yang di gambar itu, cuma lebih dramatis dikit dengan make up yang tebel dan dana yang ga sedikit. makanya saya sempet bingung antara harajuku dan cosplay…ada lagi kan yang model ganguro itu…tapi klo yang ini saya sudah mengerti kok… 😀

  4. oiya ketinggalan…dan kata temen saya (brubung saya ga demen beginian) yang dandan jepang gitu namanya cosplay…ehehheee…

  5. @ oom arul: Harajuku sih kebebasan berbusana. Nah kebetulan di Jepun sonoh dingin, tya tebelll… Di Indonesia sendiri menyesuaikan… *ngelirik Agnes Monica yang pakaiannya ‘hot’ benrrrr*

  6. @ rozenesia : *saya blum nikah sama tantemu udah bilang OoM 😛 *
    saya liatnya semua tampilan gambarnya sih yang tebal2 jadi pengertian saya tentang harajuku yah seperti gambar2nya itu.

  7. @ payjo
    emang sich kawai semua…apalagi cewexnya… 😆
    @ nieznanies

    klo cosplay itu ya kaya yang di gambar itu, cuma lebih dramatis dikit dengan make up yang tebel dan dana yang ga sedikit. makanya saya sempet bingung antara harajuku dan cosplay…ada lagi kan yang model ganguro itu…tapi klo yang ini saya sudah mengerti kok… 😀

    yapp cosplay khan pakaian nyang biar mirip sama tokoh kartun atawa super hero, jadi dandanannya berlebihan buangeds….dan memang mahal, itulah salah satu faktor kenapa di indonesia dandanan kek gidu jarang.
    nach…sayang…kalok harajuku dan semacamnya itu adalah semacam trend mode ataw bisa dibilang pakaian keseharian pemuda jepun.
    @ nieznanies lage
    sekali lage costplay ya costum player maksudnya ya meniru gaya tokoh idola fiksi, namun nyang banyak orang tahu cuman jepun padahal khan costplay itu yaks.. bisa suparman, pak man, mbah man… 😆
    @ arul

    perhatikan mode banget nih 🙂

    ah,nggak juga…mumpung masih dalam suasana taon baru :mrgreen:
    Sebelum zaman Edo, Harajuku merupakan salah satu kota penginapan (juku) bagi orang yang bepergian melalui rute Jalan Utama Kamakura.
    @ arul
    ya itu khan di jepun kalok di indonesia menyesuaikan kali yaks… :mrgreen:
    @ arul
    ya silahkan hetriks..
    apa…gaya padang pasir,bro? 😆
    @ rozenesia
    agnes emang hot 😆
    @ arul
    harajuku cuman distrik mas…adalagi shibuya, omotesando, daikanyama, dan ginza tapi orang kita ngenalnya pakaian ala pemuda jepun ya harajuku. dan…mungkin kebetulan lagi musim dingin 😀
    @ via
    yapp keren… 😀
    semoga bisa sedikit tahu tentang pakaian alal pemuda jepun dengan membaca tulisan saya 😆

  8. Mau make style gitu di mall di surabaya tapi takut diliatin orang.
    Soalnya aku sering ngeliatin orang yang pakai style harjuku dari atas sampai bawah.
    Aneh tapi cool banget!
    Gimana kalau aku yang make ya?
    konyol kali!
    Salam kenal! 😉

  9. Harajuku tuh emang keren…
    Aku seeh pengen nyoba2 pake
    Hewhewhewhew:-)
    Thx bgt deh buat penjelasannya
    dan itu semua emang bener adanya
    Tapi sebenarnya masih banyak lagi gaya2 pakaian ala Jepang lainnya
    Seperti:
    -J-Rock Style / Visual Kei
    -Gothic Lolita
    -Gothic Aristocrat
    -Ganguro
    -Dan masih banyak lagi (lupa…saking banyaknya)
    Heeheeheehee
    Salam kenal semua
    Yoroshiku onegai shimasu
    ~TsuKiNo HiKaRu~
    http://www.billymende.wordpress.com

  10. @ evelyn pratiwi yusuf
    namaku juagx yusuf kok mbak… :mrgreen:
    cuex ajah mbak…nyang penting pede…
    lam kenal yaks..n makasih dah mampir 😀
    @ TsuKiNo HiKaRu
    memang mangsih banyak lagi…dan yang saya sebutin diatas cuman sekedar contoh, dan sekalian ngasih tahu karena orang indonesia tahunya gaya ala jepang ya cuman harajuku tapi padahal buanyak sekali ragamnya
    makasih telah mampir dan lam kenal yaks.. 😀

  11. harajuku??jujur gw gk tw about style yg lg ngetren ckrg tp setelah melihat sekilas about harajuku gw jd tertarik nc..n jg gw pengen tw gmn crnya bs b’pnampilan harajuku yg bner n klu bs sc nda ribet____

  12. style harajuku keren. cuma sasarannya kurang tepat aja. murid2 sekolah jepang lebih keliatan mo jalan di catwalk drpd mo belajar. anehnya mereka ko jenius2 yah :-O

  13. stylish banget ya gayanya. indonesia sy panas, jadi tuh gaya (yang di gambar) gak berlaku di sini 😀

    emang betul….tapi ada kok pakaian yang buat musim panas…. 😛

  14. Hmm… setahuku harajuku itu sytle zaman bahula dech. Bapakku pas ke Jepang tahun 90-an cerita udah ada dari dulu style harajuku itu.

    Tapi kok Indonesia baru banyak meniru stylenya tahun 2000-an ya ? Apa gak ketinggalan ya berarti? 😛

  15. Klo indonesia gk cocok pke baju yg tebal2 kyak dijepang,
    diindonesia musimnya panass….mendingan pke celana dalam n BH aja biar gk kepanassaaan….:D

  16. Klo indonesia gk cocok pke baju yg tebal2 kyak dijepang,
    diindonesia musimnya panass….mendingan pke celana dalam & BH aja biar gk kepanassaaan….:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s