Penyakit Lupa

Tadi malem aku smsn (hehehe smsn terus padahal ngritik sendiri 🙂 jadi malu 😀 ) sama si ayang:
Ayang : Bee seminggu yang lalu waktu diwarnet abee janji belikan aku apa hayo…mangsih inget nggak?
Abee : Apa ya yang….lupa iks…
Ayang : hayah lupa iks nggak jadi deh…tukul nya belum selese tho? (kebetulan lagi nonton empat mata)
Abee : Yang…ngomong ajah..aku bener2 lupa..maaf yach…
Ayang : Yawdah nggak pa2 cuman ngetes…
Abee : Udah…ngomong ajah…
Nggak tahu mungkin karena kesel si Ayang nggak bales smsku lagi. Si tukul selese dengan banyolannya, berita juga udah selese akupun tidur.
Tadi pagi saat mau berngkat aku ke kamar sebelah tampak si wahyu lagi kebingungan nyari sesuatu.
Wahyu : cup, liat kunci motorku nggak?
Abee : Lha tadi malem taruh dimana? si wahyu mangsih saja beringsutan ngobrak-abrik lemari.
Wahyu : udah ketemu, cup..
Abee : Yawdah ayok berangkat…
Wahyu : Sik….dompet amak N-gage ku kemana?
Abee : Hayah cah iki…telat nich…
Wahyu : Apa ketinggalan di warnet mu, ya, cup? yawdah, dah telat ujian jam 8 nich…
Abee : Yawdah hayok…nanti aku coba cari di wartnet..
Si wahyu langsung ujian dan aku kewarnet tapi ternyata dompet dan N gage nya nggak ada.
Wuadu….mangsih muda kita udah pelupa :mrgreen:
Aku belum seberapa, si Wahyu jugax pernah ketinggalan Tas yang baru dibelinya di sebuah mall di semarang. Baru setelah sampai di kost dia baru nyadar kalok tas barunya ketinggalan di tempat parkir. Dia pun kembali ke Mall dan berharap menemukan kembali tasnya. Untung saja tas yang masih terbungkus rapi masih berada di atas kendaraan orang lain yang parkir disitu.
Belon selese nich contohnya, ada lagi, dulu ada anak asal kendal yang ngekos bersamaku. Dia jugax anaknya pelupa, namun untuk hal-hal yang sepele kayak si wahyu tadi. Tapi si Aya (panggilannya) ini bukan anak sembarangan. Sewaktu SMA adalah juara Olimpiade Matematika tingkat Jateng. Setelah lulus dia ngambil Matematika murni di kampusku walaupun katanya dia sebenarnya pengen ambil kependidikan namun oleh pihak universitas dia dimasukkan ke Prodi murni. Sekarang dia tidak ngekos lagi disini. Kabar terkhir, dia katanya jadi Asisten dosen.
Wuahahahahaha sampe berbusa cerita ngalor ngidul… :mrgreen:
Penyakit lupa menyerang manula
Mudah lupa dapat terkait dengan penambahan usia yang sering dihubungkan dengan inefisiensi proses memori, seperti proses berpikir menjadi lamban, kurang menggunakan strategi memori yang baik, kesulitan memusatkan perhatian dan mengabaikan distraktor, membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari sesuatu yang baru, dan lebih banyak dibutuhkan isyarat untuk mengingat kembali informasi yang telah tersimpan. Mudah lupa akan semakin berat jika menyerang manula dan disebut sebagai age-associated memory impairment (AAMI).
Pada amnesia, informasi hanya sampai di memori jangka pendek. Dengan kata lain, terjadi kegagalan atau kesulitan belajar yang berarti sudah bersifat patologis. Namun, perhatian terhadap informasi yang masuk, mengingat kembali informasi yang sudah lama, fungsi kognisi, bahasa, dan kepribadian masih berjalan dengan normal. Hanya proses penerusan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang yang gagal sehingga informasi baru tersebut tidak dapat diingat kembali.
Sedangkan demensia gangguan yang paling berat. Informasi sama sekali tidak dapat masuk dalam proses memori. Bisa disebabkan oleh berbagai kelainan di otak seperti: gangguan vaskuler (stroke) dan degeneratif (sindrom Alzheimer).
Orang muda juga
Tepatlah apa yang dikatakan oleh Cynthia Green, ahli ilmu jiwa yang mengajar di Sekolah Kedokteran Mount Sinai, New York, memori akan menjadi bom krisis baru. Hal itu diperkuat oleh tim Pusat Riset Rank Xerox, sebuah laboratorium di Manchester, Inggris, produsen berbagai alat untuk mengatasi kegagalan memori. Hasil riset tersebut, kemunduran memori sudah dialami oleh orang-orang muda, usia akhir 20-an. Mereka, misalnya, sering lupa wajah dan nama seseorang selama beberapa saat. Atau mau mengerjakan sesuatu tiba-tiba lupa sama sekali.
Tim Xerox menuding semakin kompetitifnya kehidupan masa kini sebagai salah satu penyebabnya. Ini bisa ditengarai dengan semakin panjangnya jam kerja kantor. Tuntutan kehidupan juga membuat orang menjadi bunglon pekerja alias mendobel. Entah menjadi dosen luar biasa atau konsultan.
“Kehidupan yang sangat sibuk memungkinkan Anda manjadi pelupa,” kata Dr. Abigail Sellen, salah seorang peneliti.
Sellen mengacu kepada penelitian yang dilakukannya terhadap 15.000 manajer dan eksekutif di Insead, sebuah sekolah bisnis di Eropa. Selama lima tahun, angka yang menyatakan memori dan konsentrasi merupakan persoalan besar meningkat dari 15% menjadi 25%. Kesibukan, seperti diungkapkan oleh dr. Michael McGannon, kepala bagian Pendidikan Bisnis Kesehatan Insead, bisa menenggelamkan seseorang dalam suasana tertekan yang bisa berakibat buruk, yakni kegagalan memori.
Ancaman lainnya adalah lingkungan. Profesor James Reason dari Universitas Manchester mengatakan, timah hitam yang terdapat dalam bensin dan sumber-sumber lain dapat merusak inteligensia dan daya ingat anak-anak. “Memori seorang anak yang dalam masa pertumbuhan bisa rusak karena banyak menghirup zat beracun,” katanya.
Hal ini diamini oleh Prof. Dr. Soemarno Markam, ahli saraf FKUI – RSCM. Menurut dia, polusi bisa menyebabkan perkembangan saraf otak terganggu. Ia memberi contoh orang-orang Rusia pedesaan yang hidup di lingkungan bersih. “Hingga usia 100 pun mereka tidak pikun,” ujarnya.
Studi terbaru malah menunjukkan, bedah operasi menggunakan bius total juga bisa menimbulkan masalah berkaitan dengan memori dan konsentrasi.
Apa yang terjadi dengan otak mereka?
Cara mengatasi
Penelitian untuk menemukan unsur baru dalam otak yang bisa diberi perlakuan obat-obatan masih terus berlanjut. Di pihak lain, banyak terapis yang menawarkan metode lain. Dengan motivasi yang kuat, serta mengaitkan informasi dengan yang telah ada di memori jangka panjang, ternyata orang bisa menjadi super dalam ingat-mengingat. Peneliti di Universitas Carnegie Mellon mencoba hal itu terhadap beberapa siswanya. Dengan memfokuskan mereka kepada deretan panjang angka, para siswa tersebut pada akhirnya menemukan pola yang mereka hubungkan dengan sejumlah bilangan yang telah mereka kenal, semisal hari ulang tahun.
Cara lain diajarkan oleh Harry Lorayne (71), pelatih memori yang terkenal di kalangan penderita insomnia. Ia mengingat nama seseorang dengan mengasosiasikan salah satu ciri tubuh yang gampang diingat.
McGannon kemudian menambahkan, cara terbaik untuk mengatasi penyakit lupa adalah beristirahat yang cukup untuk memberikan kesempatan otak berelaksasi. Ini bisa dilakukan, semisal, dengan tidur selama lima menit, mengambil napas dalam-dalam, melakukan meditasi pagi dan malam, serta berolahraga agar pusat-pusat memori otak dipenuhi darah yang kaya oksigen. Tapi, tambahnya, yang terpenting adalah menghilangkan perasaan cemas dan jangan terlalu mempersoalkan masalah yang tengah dihadapi.
cara lain
@ dengan ponsel
Beruntung teknologi berhasil menciptakan ’obat’ atas penyakit satu ini, yaitu dengan memanfaatkan ponsel, baik ponsel cerdas (smartphone) atau PDA (personal digital assistant). Mungkin begitu kronisnya penyakit yang satu ini sehingga fungsi reminder atau alarm termasuk salah satu fungsi yang pertama kali ditanamkan ke dalam ponsel.
Fungsi reminder juga akan optimal jika gadget selalu Anda bawa. Tidak ada gunanya mengatur reminder jika ponsel Anda taruh dalam laci sehingga kemungkinan tidak terdengar. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan ponsel ke manapun Anda pergi – ke toilet sekalipun. Jika kebetulan Anda sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan membunyikan alarm, aturlah agar ponsel bergetar.
Jika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan sehingga terpaksa menunda sebentar hal yang diingatkan ponsel, aturlah agar ponsel kembali mengingatkan Anda beberapa saat kemudian. Beberapa gadget telah dilengkapi fungsi menunda secara otomatis, misalnya pilihan snooze pada PDA berbasis Windows. Jika pilihan ini tidak tersedia, segera edit waktu reminder agar berbunyi misalnya lima menit kemudian dan aktifkan kembali.

@ dengan makanan

Untuk menguatkan daya ingatan, dengan rahmat dan sayang Allah SWT, kita dikurniakan makanan yang baik dan dapat menguatkan sistem saraf kita.
Diantara jenis makanan yang boleh meningkatkan fungsi ingatan adalah: –

  • Buah anggur hitam

  • Madu lebah

  • Halia

  • Buah badam

  • Susu

  • Air zam zam

  • Kismis

  • Jus karot & madu

  • Epal

  • Kurma

  • Ikan tuna

  • Tempe

  • Air soya

Itu hanyalah sebahagian daripada makanan yang boleh meningkatkan daya ingatan manusia.

Selain daripada itu, oksigen juga amat penting untuk merangsang otak supaya sentiasa cergas dan cerdas. Satu teknik mengawal pernafasan yang amat baik diamalkan adalah dengan menarik nafas sebanyak 7 kiraan, kemudian tahan nafas sebanyak 14 kiraan. Ulang selalu terutama sewaktu keletihan.

Sumber penuh:

14 thoughts on “Penyakit Lupa

  1. he2x kalau lupa itu biasanya sich karena otak kita tidak terbiasa mengingat lagi, btw tips nya sangat berguna nich!dan bagus!

    terus………eh lupa mau komen apa lagi!kok sama kayak praditya

  2. gimana ya terapi untuk orang yang sering lupa? apa harus k dokter spesialis apa gt/ ke psikolog ? tlg yg tau d jawab ya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s