sahur bersama

bulan puasa tuch nyang paling ditunggu-tunggu kebanyakan orang malah saat berbuka puasa ya? herman…aih heran sayah inih. apa puasa cumang nahan laper trus ntar bales dendam pas buka yaks?makan…..mulu nyang dipikirin. beugh….  🙄

di wilayah udara kampus sayah, kalok udah jem 5 sore,beugh….jalan kek ada demo, kek lautan menusia. mongtor meraung-raung kek singa ajah. lalu-lalang menusia pada maok nyari pancingan perut jauh2 sebelum adzan bebunyi. saat dinanti pas buka puasa sambil ngengsreng alias ngabuburit. ada nyang mangsih dalam wilayah udara kampus tercintah ada nyang turun ke simpang lima.

yups, sayah sendiri ampek pusing ngeliatin lalu lalang mongtor nyang kebetulan nglewatin warnet sayah. o iyaks, seenggak nyah ada tiga biji sms nyang nyangkut di HP butut sayah. isinya semua samah, ngajakin orang ngganteng inih bukak puasa bersama….  :mrgreen:

iyaks, dikampus sayah inih berbagai komunitas lagi gencar2nyah ngadain bukak bersamah. banyak banget, ada bukak bersama temen sekelas, bukak bersama sesama mahasiswa daerah nyang sama2 ngrantau, sesama geng, pengurus BEM, de el el. buwat mempererat tali silaturahmi, katanyah….

yups tigah sms tade, ngajakin sayah bukak bersama, dari temen sekelas ngajakin ntar sore, temen2 satu daerah besoknyah, temen2 PPL besok jugax, temen KKN….udah ding!

sayah kok jadih mikir yaks, orang2 kok ngadain acara sama….semuah. judulnyah “buka puasa bersama”. sayah kok jadih punya ide, kapan2 biyar gak latah, nyang jelas beda sendiri, kenapa gak ngadain “sahur bersama?” khan belon ada tuch di indonesia? tul gak? sayah ngomong kek gini malah diketawain amak temen2…..   😈   :mrgreen:

gimanah? ada nyang maok ngadain sahur bersama?  :mrgreen:

Prokrastinasi

Apakah anda pernah menunda pekerjaan atau tugas? Mungkin bagi sebagian orang pernah melakukannya. Entah dengan berbagai alasan, pekerjaan atau tugas tersebut seharusnya bisa segera terselesaikan namun pada akhirnya tertunda hingga esok hari atau bahkan beberapa hari.

Perilaku manusia yang menunda-nunda pekerjaan itulah kemudian disebut dengan Prokrastinasi. Prokrastinasi berasal dari bahasa latin procastinare. Pro artinya gerakan maju dan crastinus artinya milik hari esok. perilaku ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Mahasiswa mungkin bisa kita jadikan contoh bagaimana perilaku prokasitinasi dijalankan. Seorang mahasiswa menunda-nunda tugas dari dosennya dengan berbagai alasan. semakin banyak tugas yang diterima, maka semakin malas untuk mengerjakannya. ada juga yang karena tugas terlalu mudah sehingga sang mahasiswa menyepelekan tugas tersebut.

ada anggapan bahwa sebelum deadline, kita bisa bersantai ria. tugas pun dikerjakan manakala deadline sudah hampir mepet. ada sensasi tersendiri ketika kita mengerjakan tugas dengan deadline mepet. bukan hanya tugas kuliah saja yang sering ditunda. bahkan hal terpenting seperti skripsi pun di tunda-tunda. akibatnya banyak dari mahasiswa yang lulus dengan rentang waktu yang lama karena menunda pemrosesan skripsi.

Masalah utama dari perilaku prokrastinasi adalah Problem Time Management & masalah penetapan prioritas. Sebagian besar pelaku prokrastinasi adalah mereka yang mempunyai masalah dengan manajemen waktu. Mereka tidak bisa me-manage waktu yang semestinya itu merupakan hal terpenting bagi masa depan mereka sendiri. sedangkan penetapan prioritas sangat penting agar bisa meng-handle semua masalah atau tugas secara runtut sesuai dengan tingkat kepentingannya.

selain masalah utama diatas, ada berbagai masalah yang menyebabkan timbulnya perilaku prokrastinasi, antara lain

  • karakterisktik tugas

adalah bagaimana karakter dari pekerjaan atau tugas tersebut. jika terlalu sulit, kecenderungan orang akan menunda pekerjaan atau tugas tersebut.

  • karakter personality (kurang PD, moody, irasional)

orang akan cenderung menunda pekerjaan jika kurang percaya diri dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. takut terjadi kesalahan. orang dengan karakter moody merupakan orang yang hampir sering menunda pekerjaan. jika mood nya dalam keadaan buruk (bad mood), menunda pekerjaan akan dilakukannya. begitu juga orang yang berpikir irasional, akan menunda-nunda pekerjaan.

  • tekanan, pressure

tekanan atau pressure juga menjadi penyebab sikap prokrastinasi. mahasiswa yang tertekan oleh tugas dari dosen, karyawan yang mendapat tekanan dari atasan, akan menjadi malas mengerjakan tugas dan menundanya

  • pemberontak

hal ini disebabkan oleh banyaknya tugas. orang akan memberontak untuk menundqa tugas dan pekerjaannya.

karena saya mahasiswa, jadi contohnya mahasiswa  :mrgreen:

menunda-nunda pekerjaan adalah pekerjaan syaithon, maka buat para blogger:

  • jangan tunda-tunda pekerjaan dan tugas  🙂
  • jangan tunda-tunda mbikin skripsi  😀
  • jangan tunda-tunda untuk menikah  :mrgreen:

dasar wanita!

sebelumnyah, sampah-sampah sayah nyang mengandung syarat narcisme tingkat akut, curhat colongan, akan tetep makek bahasa EYD (ejaan nyang diplesetkeun) nyang aneh inih, sementara buat sampah-sampah selain curhat berusaha sayah pakek EYD (ejaan yang disempurnakan, walaupun belum sempurna)  :mrgreen:

yuks mulai…….  :mrgreen:

semalem tuch sayah ke rumah sang bidadari hati, ayang. kebetulan nyampe sanah pas waktu sholat tarawih. langsung ajah kita berdua ke masjid deket rumahnyah. sholat selesei kita pun pulang ke rumah dan ngobrol bentar.

jam 8 kita cabut karena si ayang maok nyari sesuatu. menikmati indahnya malam bedua naek mongtor  namanya bulan puasa, jalanan mangsih aja rame banget amak orang-orang nyang mungkin baru nyari pancingan perut  :mrgreen:  kita berhenti pada sebuah toko jeans, si ayang pengen mbeli jeans buwat kuliah ntar katanyah. beugh! rame bangedh!  😦

dengan naluri betinanyah nyang meledak-ledak, diaduk-aduklah semua jeans nyang ada di situh. beugh dasar ceweks, kalok belon nemu nyang cocok musti lama banget kalok nyari sesuatuh. lama nian dia ngaduk2nyah, pas nemu 2 potong, berhentillah dia ituh. langsyung menuju kamar “pas”. saking banyaknyah pengunjung, di kamar “pas” pun ngantri. pas dia dapet giliran lega rasanyah. akuh cumang celingukan kek orang ilang ditengah kerumunan manusia. akhirnyah selse jugax di ayang ngepasin jeansnyah. fiuh……

bee…yang item pas tapi bawahe kepanjangan, yang atu pas tapi…..

lha butuhnya berapa? dua apa atu?

satu ajah…hehehehehe….

dubrak! ditarohlah celana nyang gak kepilih di sembarang tempat, fiuh……..

langsyung ke kasir, dan fiuh…..akhirnyah…..pas sampe diparkiran:

bee…belon malem banget, muter2 dulu yuks….

kemanah? jangan malem2 tapi….

iyah….

wokeh….yuks

jalanpun mangsih rame, muter2 kesana kemari. untungnyah tadi udah makan pas buka puasa, jadi mangsih ada tenaga walaupun badan mangsih terasa capek karena habis PPL langsung njaga warnet, dan langsung kerumahnyah.  kita mampir di warung bubur kacang ijo buwat mancing perut. perjalanan pun dilanjutkan.

beugh….dasar! naluri betina keluar lagee pas tauk ada pasar malem bulan ramadhan. dia ngajak kesituh. setelah markirin mongtor. langsyung ajah di celingukan-kesana kemari. suasana rame penuh sesak lautan manusia dan gemerlap lampu malam.

wah…sendalnyah bagus2 ya bee….

iyah….

langsyung nyangkruk di stand sendal. mbalik lagee ngaduk-ngaduk jajakan sendal dan sepatuh.

bagus yang mana bee….

ini nich lebih bagus….nyodorin salah satu sendal nyang menurutku bagus.

yang ini gimana?

bagusan tadi….

beneran?

aku pun hanya mengangguk.

setelah didapat langsung dibeli, dia celingukan lagi…

lha? bee? ternyata ada sepatu juga yaks?

lha iya sayang……..jawabku sambil mengkerningkan dahi

beugh……tolong tuhan………………….dia pun ngacak2 sepatu. milah-milih lama banget setelah didapet diapun bingung maok milih sepatu apa sendal tadi. dan akhirnya milih sepatu. sendal yang tadi udah dibeli dikembalikan lagi dan nambahin uang buat sepatunya, penjualnya sama. capek banget…..

belon puas dia pun ngajak keliling pasar malem itu yang walaupon udah malem tapi mangsih tetap rame. kali ini matanya nyorot ke penjual jilbab. langsung ajah tanganku ditarik kepenjual jilbab. dicak-acak lagi tuch dagangan. pas lagi milih jilbab….

yusuf………………….. terdengar segerombolan suara manggil namaku. ternyata beberapa ceweks, temen kampusku dan dua orang cowoks…

lha? ada apa? *kaget*

salah seorang dari mereka bilang : suf, bisa minta uangnya gak? buwat bayar parkiran?

dan aku yang mangsih dalam keadaan kebingungan langsung mbuka dompet….gubraks!!! seluruh tangan ceweks2 tadi ngoprek isi dompetkuh….

makasih ya suf….kamu baik dyeh….

kamu ikhlas khan? sambung yang laen. dan akuh yang tambah kebingungan cuma bisa mengangguk. dua orang cowoks yang ada dibelakang ceweks cumang cengar-cengir. setelah ceweks2 dah pada pergi aku pun tersadar….

RAMPOK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!*teriakku dalam hati*  😈

bee…? ada apa kok kayak orang kebingungan gitu? tanya si ayang setelah berhasil membeli jilbabnyah.

habis dirampok!

dirampok? orang rame kayak gini kok dirampok? jangan becanda….

gak ding! tadi ada temen2 kampus minta uang buwat mbayar parkiran……

oww……beugh dengan entengnya njawab gitu  😈

udah yuks bee….pulang….

yuks….dengan lesunyah….

dasar wanita……………….! mimpi apa ya bakalan kek gini kemaren………………  😈

jika ramadhan tak pernah ada

Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya

Itulah sepenggal bait lirik dari lagu Chrisye yang dikarang oleh Ahmad Dhani yang memang dikenal dengan dunia sufisme dari tareqat Naqsabandiyah. Syair yang begitu menggelitik keimanan dan kesungguhan kita dalam ibadah kepada Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Namun bagaimana jika judul syair tersebut kita ganti menjadi “jika ramadhan tak pernah ada”.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits

Bila datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah para setan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah z)

Mengingat hadits diatas dan makna bulan puasa yang penuh berkah itu, seluruh muslim di dunia merayakannya dengan sukacita. Di negara kita sendiri, bulan ramadhan bagi kebanyakan orang muslim adalah bulan yang paling di nanti sekaligus bulan yang paling “aneh”. Di sebut “aneh” karena seperti yang kita ketahui, masjid-masjid dengan tiba-tiba penuh sesak dengan orang-orang yang akan sholat. Banyak lantunan ayat-ayat suci Al qur’an dibacakan siang dan malam. Banyak penjual pakaian muslim laris menjual dagangannya karena banyak pesanan. Dan yang paling aneh adalah ketika bulan puasa itu berakhir, semua hal diatas secara singkat lenyap.

Grafik ibadah kita mengalami peningkatan di bulan penuh maghfiroh ini. Yang dulu sholat cuma bebapa waktu, di bulan puasa menjadi lima waktu. Sholat-sholat sunah pun kita laksanakan terutama sholat tarawih. KIta pun jadi rajin sholat ke masjid dan bertadarus Al qur’an. kita pun menjadi sangat baik kepada fakir miskin dan anak-anak yatim. Semua itu dilaksanakan dan terjadi pada bulan ramadhan. hanya untuk satu hal yang sangat di dambakan, pahala. yang pahala itu diharapkan menghantarkan kita pada syurgaNya.

Namun, apakah pernah kita berfikir kalau apa yang kita lakukan hanya di moment ramadhan ini merupakan perlakuan tidak adil kepada Allah? kita rajin ibadah dan selalu menyebut namaNya hanya pada moment ini saja untuk mengharap pahala sedangkan di bulan-bulan lain belum tentu kita melakukannya, apakah ini bukan merupakan tindakan tidak adil kepadaNya? kita seakan “baik” kepadaNya kalau ada maunya saja. Ya, mungkin tuhan tidak akan marah. Bisa saja Tuhan hanya tersenyum kecut di atas sana melihat tingkah laku kita yang tidak adil kepadaNya.

Masihkah kita akan beribadah dengan sungguh-sungguh?
masihkah kita akan meramaikan masjid?
masihkah kita akan melantunkan ayat-ayatNya?
masihkah kita akan menyantuni anak yatim?
jika ramadhan takkan pernah ada

Konon sang ustad pernah berkata “kalau ingin tahu apakah puasa kita di terima atau tidak, lihatlah apakah ibadah kita masih tetap giat dan khusuk, syukur mengalami peningkatan, setelah bulan puasa berakhir ataukah sebaliknya, ibadah kita mengalami penurunan setelah berakhirnya bulan puasa” semoga saja ibadah kita mengalami peningkatan setelah ramadhan berakhir sehingga puasa kita bisa diterima. 🙂

mulai mengajar

siang ini matahari yang kerap kali memancarkan teriknya seakan mengajak bersahabat dengan malu-malu sembunyi dibalik awan. aku pun tersenyum lebar karena pulang dari sekolahan tempat PPL tak lagi bertarung dengan panas sengatannya. ia seakan tahu bahwa tubuhku letih oleh aktivitas serta kerongkongan yang kering merindukan sejuknya sumber kehidupan.

memasuki minggu kedua kegiatan PPL, hari ini aku mengikuti pembelajaran  dikelas walaupun masih duduk di bangku belakang. mendengarkan dan menyimak cara guru pamong mengajar dalam kelas. sebelum “di lepas” untuk mengajar materi di kelas, aku diharuskan menyimak dahulu bagaimana cara guru dalam penanganan kelas. bersama ketiga temanku, aku berkonsentrasi penuh memperhatikan kelihaian sang guru memberikan materi pelajaran.

jumlah mahasiswa yang PPL bersamaku di SMA 8 kota semarang adal 41 mahasiswa, yang terdiri dari berbagai jurusan. bersamaku ada 2 mahasiswa dengan jurusan yang sama, akuntansi.  kami nantinya diamanati untuk mengampu kelas XI. setelah mengikuti proses pembelajaran di kelas, aku bersama ke 2 temanku di beri tugas oleh sang guru untuk mengoreksi jawaban ulangan harian.

dalam PPL, sebenarnya kami hanya diperbolehkan menangani kelas X & XI sedang kelas XII di ampu oleh guru sekolahan itu sendiri. namun ini bisa saja fleksibel bergantung pada kebijakan pihak sekolah. setelah diserahi tugas untuk mengoreksi hasil ujian, esok kami dipercaya mengampu dua kelas untuk pelajaran akuntansi di kelas XII. hal ini mengingat sang guru esok hari ada rapat bersama kejati. semuanya kami terima dengan senang hati karena PPL ini sekaligus mengasah kemampuan kami dalam mengajar.

mulai pagi tadi aku harus menerima dengan lapang dada sebutan yang selama ini aku tidak sukai, “pak”. namun setelah PPL ini aku pun tak canggung lagi di panggil dengan sebutan itu. karena memang dengan begitu ada sesuatu yang sudah semestinya terjaga, hubungan guru dan murid. aku tak lagi bisa bebas bersikap seperti laiknya anak muda. ada tuntutan profesi yang musti aku jalankan mulai sekarang, walaupun belum jadi guru beneran  :mrgreen:

sudah ya…..serius amat!  😆

selamat pagi anak-anak…………  🙂

abeeayang ada di wikipedia!

fiuh……jam segini (1:13 dini hari) mata belum terasa ngantuk, padahal sahur mangsih lama. warnetku mangsih ada maintenance, tapi untungnyah mangsih bisa ngenet. bingung maok nyari apaan di dunia maya, nyoba mbuka wikipedia. lama kelamaan sayah kok jadi tertarik mbikin “sesuatu” di wikipedia.

plok…! inilah hasilnya

silahkan dibukak sendiri…  :mrgreen:

keisengan sayah hanyah sebatas ituh, jadi kepengen kek cah andong yang udang mbikin wiki cahAndong.  🙂

update!!!!! [14:30]

hihihihihi….dasar sayah inih orang yang usil. Abeeayang dalam wikipedia yang isinya cuman usil itu beberapa kali dihapus oleh sang pengguna wikipedia indonesia (jagawana). trus kembali tak bikin lagi dan dihapus lagi. hihihihihi….ampun Om jagawana.  :mrgreen:

kesalahan sayah menurut Oom jagawana adalah Vanity , Vanity atau Vanitas dapat diartikan menonjolkan diri sendiri atau mempromosikan pribadi penulis atau anggota keluarga lainnya dari si penulis. dan memang abeeayang dalam wikipedia hanyalah “bentuk keusilan saya” yang tak pantas termuat dalam wikipedia. mumpung mangsih bulan puasa sayah minta maap….  :mrgreen:

yups, wikipedia indonesia adalah ensiklopedia berbahasa indonesia yang memuat sebuah artikel yang berisi penjelasan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad atau menurut kategori secara singkat dan padat. biasanya memang ensiklopedia berbentuk buku.

karena wikipedia adalah wadah pembuatan dan pencarian artikel yang serius dan merupakan ensiklopedia pengetahuan indonesia untuk memperkaya pengetahuan di indonesia maka jika tertarik untuk menulis sebuah artikel dalam wikipedia, hendaknya ditulis dengan serius dan dengan tujuan untuk memperkaya ilmu pengetahuan di indonesia.

jika dilakukan dengan tidak serius seperti yang saya lakukan atau menurut pemilik situs tidak penting bagi khasanah pengetahuan maka akan dihapus oleh pengguna wikipedia, salah satunya adalah jagawana.

selain kesalahan yang saya buat, yaitu Vanity,  ada juga larangan yang dibuat oleh pemilik wikipedia indonesia, Vandalisme. Vandalisme adalah penambahan, penghapusan, atau pengubahan isi yang secara sengaja dilakukan untuk mengurangi kualitas ensiklopedia.

cara membuat artikel di wikipedia (bagi yang serius):

caranya sangatlah mudah, jika anda sudah membuat artikel dan ingin dimasukan ke dalam wikipedia. buka situs wikipedia dan ketiklah judul artikel anda:

misalkan judulnya abeeayang. maka ketiklah judul tersebut dalam kotak browser anda sebagai berikut:

http://id.wikipedia.org/wiki/Abeeayang

maka akan muncullah tulisan : Wikipedia tidak memiliki artikel dengan judul “Abeeayang”

dan bagian bawahnya ada tulisan : Buat halaman “Abeeayang” klik tulisan tersebut

dan mulailah anda membuat artikel anda di kotak tersebut (mirip dengan saat anda membuat postingan di blog).

setelah membuat tulisan/artikel klik lah tulisan: simpan halaman dibawah kotak pembuatan artikel. beres dyeh! selamat mencoba dan hiasilah ensiklopedia indonesia dengan ilmu yang bermanfaat! jangan kek sayah  😳  :mrgreen:

*pengakuan orang usil*

Note: tulisan yang dibuat di wikipedia akan di hapus oleh pemilik situs jika tak layak dan bersifat candaan.

larangan-larangan dalam pembuatan artikel di wikipedia:

ngengsreng

welah dalah….puasa2 kek gini udah puanuas, perut kruyukan lage, fiuh…..kalok siang hari cumang puanas nyang sayah gak tahan. takut tambah item.jiakakakakakaka…. makanyah tadi sehabis perkenalan di sekolahan tempat praktik PPL langsung ajah ke warnet, berteduh. (tapi emang jatah njaga) :mrgreen:
setdah! menginjak *hayah* pukul 15.00-16.00an tadi, bukang cumang puanas tapi perut kruyukan buangedh. jam2 segini menjelang bukak puasa emang perut semakin mules ajah. ditambah lage depan warnedh banyak nyang jualan minuman amak makanan buwat berbuka, welah….godaan makanan semakin menggila….*lebay mode ON* 😆
o iyaks, biasanyah parah mahasiswa alias anak2 nyang ngakunyah berjiwa muda, pada blingsatan. istilah urang bandung mah….*ngabuburit* menjelang bukak puasah. kalok saya mah gak bisa. musti jaga warnedh, walopung mangsih teuteup ada selingan para ceweks2 cantik nyang maen di warnedh….ups! lagi puasa yaks? jiakakakakakakakaka….. 😆
inget kata ngabuburit jadih inget kata2 ampuh pas KKN dolo, “ngengsreng“, yups ngengsreng bisak diartikan samak dengan ngabuburit. fiuh….paling enyak tuch ngengsreng di alun-alun kota, kalok di semarang ya di kawasan simpang lima sambil nunggu waktu bukak puasah…..enaknyoh…… 😦
ngengsreng yuks…… :mrgreen:

ultah blog pertamax

yaks…kawandh….hare ini tepadh satuh tahun sayah ngeblog n bikin blog inih. yups, satuh tahun adalah umur yang mangsih bau kencur. (padahal bukan blog kencur yaks?) banyak hal sayah dapatkan dari aktivitas ngeblogh inih. dapat ilmu dari yang lain, dapet teman dan yang jelas dapet pengalaman berharga.

blog bagi sayah selain sarana bersilaturahmi (dengan berkomeng) jugax sebagai wadah aktualisasi diri (bahasa sayah ketinggian nich). dengan blog sayah bisak curhat, dengan blog sayah bisak meluapkan isi hati n pikiran, dengan blog sayah bisak nyleneh, dengan blog sayah bisak becandha, dengan blog sayah bisak nyindir, pokoknyah blog bisak segalanyah  😆

kawandh, tentunyah blog sayah inih blog terkatrok sedunia. lha wong tulisan2 sayah inih sampah semuah, ndak mutu. isinyah cumang curhat   :mrgreen:

yups kawandh, tentunyah dalam satuh tahun memasuki usia baru harusnya lebih berbenah, dan insya allah akan sayah lakukan, berbenah. namun mungkin sampah2 sayah terkadang selalu muncul….

terimakasih telah mbaca curhat sampah sayah kalik inih…….

met puasa

idilah….lama nian sayah gak nulis yaks….  :mrgreen:

weks, ndak terasa ramadhan telah tiba, bulan penuh ampunan telah menyambut kitah semuah. senang rasanyah ramadhan datang lagi, dan otomatis lebaran sebentar lage. makan ketupat lage….silaturahmi lage  😆

yups kawandh……sayah mengucapkeun selamat menjalankan ibadah puasa, mogah2 puasa kalih inih jadi puasa terindah buwat kitah semuah….  :mrgreen:

akuh senang jugax karenah warnetkuh bukak lage setelah kemarin hampir ditutup. ngenet ampek malem lage…..  😆