tanggapan siswa sayah

tadi pagi sebelum memulai pelajaran sayah sharing dolo amak siswa sayah ituh. sebagai guru praktikan, sayah baru pertama kali berkesempatan ngajar di depan kelas. setelah sebulan sebagai guru praktikan, sayah ngerasa perlu sharing tentang proses pembelajaran yang berlangsung dikelas sayah. sayah pengen ngerti apakah sebagai praktikan, selama mengajar, murid2 nyaman dan paham dengan apa yang sayah sampaikan.

sayah lemparkan sebuah pertanyaan di kelas: bagaimana seharusnya proses pembelajaran ini dilaksanakan? maksud sayah apakah dalam proses pembelajaran selama ini sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang murid. sayah berpikir, seorang guru bagi sayah, adalah mitra bagi siswanya. tugas guru tidak hanya sekedar memberikan materi namun juga mendidik watak mereka. setelah sayah mengajar selama satu bulan apakah sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

beberapa murid memberikan pendapatnya, ada yang berpendapat bahwa dalam proses pembelajaran dikelas tidak harus selalu serius, tetapi bisa diselingi dengan candaan, istilah mereka, sersan, serius tapi santai. namun ada juga yang berpendapat bahwa dalam proses pembelajaran haruslah serius karena dengan serius pelajaran akan mudah diserap. siswa ke tiga berpendapat, setuju dengan istilah sersan, pembelajaran harus diselingi dengan sedikit guyonan agar tidak terlalu tegang, karena kalau serius terus mereka malahan akan merasa ngantuk.

sayah akhirnyah menyuruh semua siswa menyiapkan selembar kertas untuk menjawab beberapa pertanyaan sayah. hal ini sayah lakukan karena tidak semua siswa mau berpendapat didepan kelas.

pertanyaan pertama adalah pendapat mereka mengenai pelajaran yang sayah ampu, ekonomi & akuntansi (sayah ngampu ekonomi dan temen sayah akuntansi). kebanyakan dari mereka menjawab bahwa pelajaran akuntansi dan ekonomi sangat sulit. ada beberapa hal yang menurut sayah mempengaruhi nilai seorang murid dalam suatu pelajaran, yaitu suka tidaknya siswa pada pelajaran tersebut dan peran guru dalam pembelajaran. kalok dari awal emang siswa tidak menyukai suatu pelajaran kemungkinan nilai jelek pelajaran tersebut sangat besar.

pertanyaan kedua adalah apa yang harus dilakukan dan dilarang bagi seorang guru dalam pembelajaran. mereka menjawab pertanyaan ituh dengan jawaban yang mbikin sayah senyum2 sendiri. seorang guru harus selalu berkomunikasi dengan siswanya, seorang guru harus sering ngasih nilai. sedangkan larangannyah, guru dilarang merokok, dilarang ngasih tugas terlalu banyak, dilarang pelit nilai dll yang mbikin sayah gak bisa nahan buat ketawa 😆
selanjutnya adalah pertanyaan tentang tanggapan mereka saat diajar oleh sayah. ada banyak banget, inih diyah list-nyah:

  • sering mondar-mandir (emang aku gak bisa cumang diem duduk dikursi sambil nerangin pelajaran, musti berdiri dan sesekali mondar mandir)
  • grogi saat ngajar (emang kelihatan banget, apalagi kalok guru pamongnya ada dibelakang) 😦
  • make baju kedodoran
  • celananyah harusnya dibikin pensil
  • junkies dikit dunk, pak…..
  • ngajar dah baek

dan banyak banget laennyah….beugh…..aneh2 siswa sayah ituh :mrgreen:
*POSTINGAN TERTUNDA GARA2 WARNET MAINTENANCE*