dapet lemparan award

entah ini mungkin sudah jadi budaya dari jaman dolo kalok bloger sering ngasih sesuatu pada bloger laen. baru ajah kemaren dapet lemparan PR dari kang dobelden sekarang dapet award dari sang advokat, bu listiana. terimakasih atas apresiasi yang diberikan.   sayah ndak tauk harus gimanah, tapi akan sayah coba.

award-blog3

menurut petunyuk eh petunjuknyah, award inih harus sayah lemparkan ke 7 tersangka lagee….:

  • mas bluethunderheart, masih penasaran wajah mas blue kayak apa, lha wong apatarnyah ajah kebalik  😆  pengen tauk juga nama aselinyah…..
  • caplang a.k.a edy cahyono, bloger tangerang nyang hobby macarin abegeh nyosialisasikeun aman berkendara
  • dhimas, bloger, temen sendiri  😆
  • bang arul, bloger asal palopo nyang lagi nguli ilmu di surabaya, nyang selalu ku kompori buat cepet kawin  😆
  • wenny, si nona manis, (padahal belon pernah liyat)  😆
  • adit, si orang gila yang suka usil kalok komeng  😈
  • stey, penasaran amak sosok satu ini  😆

ditambah lagi semua yang ada di daftar di bawah ini:

Untuk itu para penerima award, segera melakukan ini :
  • Letakkan logo award pada blog Anda
  • Tambahkan link ke InspirasipakdE
  • Pilih blog penerima award selanjutnya, karena ini adalah award untuk terus bersemangat dan berkarya maka saya sarankan paling sedikit 7 blog.
  • Tambahkan link ke blog terpilih
  • Jangan lupa untuk meninggalkan pesan pada blog terpilih

Selamat Tinggal Siswa-siswiku

masih teringat jelas 3 bulan yang lalu bertepatan dengan awal bulan puasa. aku menginjakan kaki di sekolah yang penuh kenangan itu.  terasa asing dan sungkan menyelimutiku saat pertama kali berada di lingkungan baru. ku mantapkan hati untuk berjuang dan menyatu dalam sekolahan itu.

terasa berat ketika kudaki setiap tangga karena memang bentuk sekolahan yang terasering. berundak-undak sampai 7 lantai. terasa letih kaki ini ketika setiap aku ngajar harus naik turun tangga. karena memang poskoku di lantai tujuh dan ruang kelas yang ku ajar dilantai 3.  walau dalam keadaan puasa tapi tak mengapa karena niatku memang untuk ngajar siswaku.

bersamaku ada 40 teman-teman praktikan dengan jurusan masing-masing yang terlihat sudah sangat siap untuk dipanggil “pak/bu”. terima kasih buat kalian semua yang telah rela aku usili. terima kasih telah tersenyum lagi mendengar candaan garingku setelah letih dan menahan marah atas kenakalan anak didik kalian dikelas. terima kasih telah mendengarkan “pidatoku” yang membuat kalian ngantuk. terima kasih atas bantuannya selama ini.  :mrgreen:

dua minggu masa pengenalan kelas cukup membuatku untuk mengenal calon siswaku sebelum aku dilepas untuk mengajar sendiri. walaupun boleh dibilang aku masih perlu penyesuaian diri. alhamdulillah dengan bantuan guru pamong, aku bisa “meng~handle” siswaku.

aku masih ingat ketika kalian para siswaku menggodaku pertama kali mengajar. aku terlihat gugup dan kacau dalam berucap. dan itu telah terbukti saat aku meminta kalian semua memberikan tanggapan padaku kemarin dulu. aku mencoba perbaiki dengan berjalannya waktu. alhamdulillah telah sedikit lebih rileks dalam mengajar.  😳

waktu terus berjalan, secara emosi kita telah menyatu. kalian telah lebih rileks juga menerima pelajaran dariku. candaan dan saling sapa menyelimuti kita. tegur sapa dan konsultasi berbagai hal kita lakukan. saling mengirimkan SMS pun menjadi jalan agar kita semakin dekat. walaupun kemarin agak kesal ternyata salah satu dari kalian menyebarkan nomorku ke siswa lain untuk mengerjaiku.  😈

ku kompori juga kalian untuk mencoba menggunakan blog untuk mengexpresikan diri kalian. tapi tetap saja FS masih jadi primadona kalian. terbukti dengan banyaknya komentar dalam FSku. 15 anak yang ikut pembuatan blog cukup membuatku lega. semoga mereka bisa menyebarkannya sendiri.  😀

kini, aku tak lagi bersua dengan kalian apalagi mengajar. aku harap kalian bisa belajar lebih giat dan tak lagi mencontek seperti ulangan terakhir kalian. belajarlah, karena seminggu lagi kalian akan menghadapi ujian semester. jangan hapalkan materi yang aku ajarkan, tapi pahamilah karena itu lebih penting.

selamat tinggal siswa-siswiku. kalian adalah kebanggaanku. kalian adalah motivasi untuk terus memperbaiki. selamat tinggal……  😥

*) belon dapet kiriman potoh pelepasan PPL…….  😥

Terlalu Dekat

kadang, jika kita terlalu dekat dengan seseorang, suatu saat jika kita berbuat sesuatu yang menurut mereka salah atau membuat mereka tidak nyaman, akan membuat kedekatan itu sedikit merenggang. itu mungkin karena mereka salah menafsirkan apa yang kita maksudkan atau kita sendiri yang salah menempatkan.

tadi pagi, gerimis mengguyur kota semarang. kabut tebal menyelimuti hampir seluruh kota. dalam keadaan begini saya terpaksa berangkat ngajar agak siangan dikit. kebetulan saja jadwal ngajarnya jam ke-3. saya ngampu kelas IS 2, kebetulan bab tentang materi perpajakan telah selesai, dan saatnya ulangan.

sebelumnya, malam harinya telah saya buat soal untuk ulangan pagi ini. ada 6 soal dengan 3 soal isian dan 3 soal hitungan. saya sengaja buat kanan dan kiri agar tidak ada yang saling kerjasama/nyontek. soal saya buat sedemikian rupa agar bisa dikerjakan. mungkin bisa dibilang, gampang.

untuk memulainya, saya pun meminta untuk mengumpulkan setiap LKS. karena memang ada tugas ngerjain LKS. ulangan pun dimulai. saya pun sembari mengabsen satu-satu. alhamdulillah setelah hampir tiga bulan (dipotong libur puasa) saya telah mengingat dengan jelas nama-nama mereka dan sedikit sifat-sifat mereka kalau dikelas. kadang ingatan saya akan sesuatu begitu kuat.

beberapa menit suasana masih begitu hening. semua siswa berkonsentrasi (apa nyontek?) mengerjakan soal dilembar jawaban. setengah jam berlalu, suasana berubah, ada yang tengak-tengok, bisik-bisik. saya pun menyindir mereka:

saya juga pernah sekolah, dik. jadi saya tahu siapa saja yang nyontek. hayuk kerjakan sendiri! belajar PD dengan jawaban sendiri. (sambil tetap mengumbar senyum)  :mrgreen:

*)saya terbisa manggil dik pada murid saya  :mrgreen:

kebetulan saya pergokin *hayah*  salah satu siswi yang ketahuan membuka catatan. saya pun mengambil catatan tersebut dan mengingatkan dia agar tidak diulangi. dia agaknya tidak terima dengan perlakuan ini. raut mukanya berubah cemberut. yups, dia salah satu murid yang dekat sama saya. sering curhat juga sama saya tentang cowoknya maupun keluarganya. saya jadi kayak guru yang merangkap konseling  😆

bapak, tega ya….!*sambil tetap cemberut*

begitulah katanya saat ulangan selesai. saya beri pengertian tapi dia pun masih tak terima. fiuh serba salah aku. padahal itu demi kebaikan dia. inilah yang saya maksudkan dengan quote diatas. mungkin salah saya. saya hampir tak pernah marah dengan siswa saya dikelas. selalu mengumbar senyum. saya pun mencoba terbuka dengan siapa saja. dan timbal baliknya mereka jadi terbuka juga dengan saya. saya kepingin jadi guru sekaligus teman. banyak dari mereka yang meminta FS saya, banyak yang komentar disana. padahal kemarin sudah saya rayu agar meninggalkan FS dan beralih ke blog. oh iyaks, pelatihan blog kemarin ada 15 peserta, sedikit memang. banyak juga yang smsan, tapi bukan sms teror kek kemarin itu.  😦

tapi sekali lagi mungkin kedekatan itu harus ada batas agar kejadian ini gak terulang lagi. ada saat tertentu yang harus dijaga. saat jadi guru-siswa dan saat jadi kakak-adik. mungkin ini sebagai bahan introspeksi saya….fiuh, PPL hampir selesai seminggu lagi….  😥

Teror SMS murid sayah

waks, lebay kaliks, kalok inih dikatakan teror. yasudtralah….  😆

tadi pagi, sayah ndampingin si Fery dikelas XI 2 buwat ulangan akuntansi, weks, tak liyat2 ada salah satu siswi yang roman-romannyah lagi ada masalah. mukanya lusuh, pipinyah dipenuhi bekas tangisan. matanya sembab dan kantung matanya ebusyet….besar bangedh……..!  😯

bener2 lagi ada masalah besar stelah sayah rayu dia buat cerita tentang masalahnyah. ternyatah ada masalah keluarga, setelah curhat amak sayah dan beberapa temennyah, agaknyah dia mulai agak tenang. sayah beri nasihat sebisanyah. fiuh…..  😦

sehabis ulangan, aku langsung cabut dari skulahan krana adah something yang mendesak. setelah urusan selse, sayah pun pulang kek kos buat istirahat, tapi memang gak bisa, ada tugas yang perlu diserahkan besok, jadilah sayah nggarap tugas ituh. ebusyet!  😯

rentetan sms menghujani HP butut sayah. sms ituh antara laen, sbb:  :mrgreen:

  • si ayang, diyah sepertih biyasa nanya2, udah maem belon, lagi ngapain, *hayah*
  • untitle, nanya2 lagi ngapain, tak tanya sapa gak dijawab, nyang inih memang lagi ngerjain sayah, ngakunyah murid sayah. kemungkinan kelas yang baruh sayah masuki. IPS 2, belasan sms
  • iin?, nyang inih tambah sayah bingung, ngakunyah anak 2 IPA, padahal sayah ngampu ekonomi, otomatis sayah gak pernah ngajar diyah, sayah desak ternyatah ngaku dapet nomor sayah dari kelas yang sayah ampu. smsan sampe puluhan sms, maok tau sedang apa saat smsan? dikamar mandi! ebusyet! dia tuch mbolos pelajaran gara2lagi ada masalah, ngakunyah lagi merenung, *hayah* tak suruh masuk ke kelas gak maok….sampe istirahat berikutnyah….
  • untitle 2, nyang inih keknyah cowox, tiba2 mintak ngajarin nginstal potoshop, yawdah tak ajarin lewat sms, eh diyah gak mudeng, sampek tak kasih tauk sedetail mungkin masih gak mudeng, sayah biyarin ajah, mungkin kalok ketemuh ntar langsung dipraktekin….  😛

hari inih ada apa yaks? lagi ngerjain tugas di teror banyak sms, alhamdulillah sebelum maghrib dah kelar. lanjut, sayah giliran njaga warnet. hujan lebatnyoh……………….  😦

pas sayah nulis inih, perut keruyukan coz baru makan sore tadi, maok keluar males. eh dasar orang lagi untung, tiba2 ajah temen KKN dolo, dateng mbawa nasi goreng plus telor ceplok, plus dikasih uang makan amak sibos, alhamdulillah……….  :mrgreen:

makasih Zen-Q buat nasgornyah……….  😀

*) curhat narcis najis….  😛

kejadian perjalanan pulang

kemarin […10 november..] pagi sayah bersama wanitah sayah [….ayang….] pulang kerumah sayah di brebes. pagi-pagi bener kitah berangkat ke brebes. ada beberapa kejadian tentang anggota pramuka ksatria jalanan, ular belang. dan tentang perjalanan ituh sendiri. yuks mare……..

berangkat

  • pagi hari, tepatnyah jam 6, sayah telah siap2 dengan bekal untuk pulang. dirasa sudah siap, sayah pun menstarter motor dan menuju rumah si ayang buat njemput dia. di tengah perjalanan, saat jalan turunan, ada kecelakaan kecil. ternyatah ada temen PPL yang serempetan sama ibu2. jalanan macet karena memang kalok pagi2 Jl.Sampangan memang rame. ada yang kekantor, sekolah maupun aktifitas lainnya. sayah tak ikut mbantu mereka karena memang sudah ada banyak orang yang mbantu. perjalanan dilanjutkan kerumah ayang. setelah sampe sayah pamitan sama mas wawan buat nggondol adiknya ke rumah sayah    😆
  • sayah sama si ayang dengan berboncengan, memulai perjalanan kami ke brebes. belon ada satu kilometer, kira2 di Jl.Siliwangi, sayah liat ular belang alias ksatria jalanan sedang sibuk memainkan jemarinya di tuts HP. dimoncongnyah pun asap rokok menari2. padahal jalanan lagi padat merayap, sempet2nyah ngrokok sambil smsan. sambil mengendarai motor, sayah mepet2 dan nyeletuk “smsan terus…..” sambil berlalu. si ayangpun memukul pundak sayah “berani bener yang, ngomong gituh!“. dan perjalanan pun dilanjutkan.   😛
  • saat melewati kabupaten batang, setelah  melalui kawasan hutan, beberapa kendaraan diberhentikan oleh ksatria jalanan, termasuk sayah. sayah kira ada operasi orang ngganteng, musti sayah ketangkep  😆 lalu lintas, ternyatah tidak. semua kendaraan, baik dari lajur kiri maupun yang arah berlawanan diberhentikan karena sedang ada penaikan bendera  merah putih. wah sayah baru inget ternyatah kemarin peringatan hari pahlawan   😳
  • lajut, di wilayah udara kabupaten pekalongan ada operasi lalin, tapi dari arah berlawanan. terlihat beberapa terdakwa sedang bernego sama si ular belang. sayah istirahat sebentar di pekalongan.
  • lanjut, di pemalang sayah istirahat lagi. buat ngisi perut, sayah istirahat di alun2 kota pemalang sambil nyari bubur ayam. sepanjang pantura semarang-brebes alun2 pemalang lah yang paling rame, pake banget (walaupun di kendal tempat pak guru, pun rame kalau malam hari.  di alun2 kota pemalang sambil istirahat sambil makan bubur, ngliyat2 pemandangan disekitarnyah. banyak PKL dengan leluasa berdagang disanah. macam2, berbagai makanan, ada jugax odong2. niatnyah mau nyuruh si ayang naek odong2     :hwakakakaka    kalok di alun2 pemalang jadi inget makanan khasnyah, lontong dekem pak….? (lupa), makanan favorit waktu KKN. dan ternyatah kristina (penyanyi dangdut ituh, asli pemalang) jugax pernah makan di situh. (bangga banget????)    😆
  • jam 10 sampai di rumah.

pulang

  • jam 4 lebih cabut dari rumah. saat melewati kantor pengadilan brebes, ksatria jalanan pun menggelar operasi lalin dari arah berlawanan. mbikin macet ajah!  😈
  • melewati kabupaten pekalongan, mendung menyelimuti perjalanan kami. alhamdulillah tidak hujan. sampai kabupaten batang hingga kendal, jalanan basah. ternyatah habis hujan, untung gak kehujanan. tapi, walaupun hujan telah reda, di perjalanan, hawa dingin menyelimuti. bukan main dinginnyah!  😦
  • jam 8 sampailah dirumah si ayang, selse dyeh…!   :mrgreen:

gak ada yang menarik khan?  :mrgreen:

😳

Larut dalam keheningan

Aku berdiri menikmati semilir angin. Hembusan yang membawa pikiranku tenang, terasa rileks. Aku membuka tanganku lebar. Menghirup dalam-dalam oksigen di ujung sebuah sabana di bawah rindang pohon cemara. Merasakan satu kehadiran yang lembut menerpa tubuhku. Bersatu dengan dekapan alam membuatku nyaman.

Ku pejamkan mata, dan terus menghirup udara dalam-dalam. Membuang semua pikiran yang ada dalam otak kecilku yang mungkin kini terasa sesak terjejali. Sejenak melupakan hiruk-pikuk dunia. Lebih dalam lagi pikiranku terbawa dan bersatu dengan alam.

Kurebahkan tubuhku, terlentang dan sekali lagi dengan memejamkan mata kuhirup dalam udara disekeliling. Aku pun semakin tenang dan tenang. Menikmati pelukan bumi.

Ku buka dua bola mataku. Tergambar jelas lekukan awan nan putih cerah menghiasi langit. Elok nian gambaran dipelupuk mata. Sunggingan kecil untuk berucap syukur atas ciptaaNya yang begitu indah. “Tuhan, aku ingin memelukMu!” batinku. Aku pun bangkit dan duduk. Memandang kelangit biru “Tuhan, duduklah disampingku dan akan kuceritakan seluruhnya. TentangMU, tentangku, dan tentang pemujaMU ”.

Tubuhku semakin lemas gontai, pikiranku semakin tenang. Kurebahkan lagi tubuh ini. Memejamkan pelupuk mata. Semakin tenang, dan tenang. Membawaku semakin dalam, dan dalam. Hingga tak sadar aku telah larut. Tak tahu apa yang terjadi.

BBM “akan” Turun

Wacana penurunan harga BBM telah bergulir beberapa bulan yang lalu. hal ini mengingat harga Minyak Mentah mengalami penurunan. Pemerintah akan menurunkan harga BBM bersubsidi setelah harga pertamax atau premium nonsubsidi berada di bawah premium bersubsidi yakni Rp6.000 per liter. Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kalau harga ICP (minyak mentah Indonesia) sudah di bawah 70 dolar AS per barel, barulah harga pertamax di bawah premium bersubsidi. Saat ini, harga ICP masih 71,77 dolar AS per barel.

Menurut dirjen migas departemen ESDM subsidi BBM akan bertambah sekitar Rp3 triliun jika harga BBM bersubsidi diturunkan antara Rp500-Rp800 per liter pada tahun ini. Penurunan harga BBM agaknya tidak bisa dilakukan dalam tahun ini. sebab, sampai Oktober, realisasi subsidi BBM sudah mencapai Rp130 triliun atau melampaui pagu APBN Perubahan sebesar Rp126 triliun.

Harga premium nonsubsidi yang dijual Pertamina per 1 Nopember 2008 sebesar Rp5.925 per liter belum termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10 persen dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar lima persen.

Kalau ditambah pajak-pajak maka harga jual premium nonsubsidi Pertamina menjadi sekitar Rp6.800 per liter atau masih di atas premium subsidi sebesar Rp6.000 per liter.

Sedangkan, harga premium bersubsidi Rp6.000 per liter sudah termasuk PPN dan PPBKB. Kalau tidak memasukkan pajak sebesar 15 persen, maka harga premium subsidi menjadi sekitar Rp5.270 per liter atau masih di bawah premium nonsubsidi Pertamina Rp5.925 per liter.

Kemungkinan penurunan BBM akan tetap ada namun tidak dalam tahun ini, menunggu hingga tahun depan.

*)Sumber rangkuman berita dari sini

sempat berdiskusi dengan teman, dia bilang:

BBM ndak usahlah diturunkan….biarkan tetap 6000, gajinyah ajah di naikkan, PNS maupun swasta.

cInTA gILA

cInTa gILa by Netral

Melesat menuju langit tujuh
Secepat kilat menembus angkasa
Jauh kutinggalkan planet bumi
Terbang melayang melanglang buana

Brige : Racun cinta membius hamba
Panas dingin demam asmara

Reff : Cinta memang gila
Gak kenal permisi
Bila disengatnya
Say NO TO Kompromi

Ku tak kuasa ku tak berdaya
Si kebo bego dicucuk hidungnya

menurut sampeyan?

beugh….dapet PR lagee….

wogh! ada nyang ngasih PR amak sayah lewadh komengtar disanah. si Om Erik ngasih PR buwat sayah. sayah inih udah calon guru, lagi praktik ngajar jugax, eh mangsih dikasih PR juga…  😦

ya sudah, dengan terpaksa, lagian belon dapet wangsit buwat nulis apa senang hati sayah ngerjain PR tersebut. ini diyah hasilnyah……

What Mohammadyusuf Means
You are confident, self assured, and capable. You are not easily intimidated.
You master any and all skills easily. You don’t have to work hard for what you want.
You make your life out to be exactly how you want it. And you’ll knock down anyone who gets in your way!

You are well rounded, with a complete perspective on life.
You are solid and dependable. You are loyal, and people can count on you.
At times, you can be a bit too serious. You tend to put too much pressure on yourself.

You are truly an original person. You have amazing ideas, and the power to carry them out.
Success comes rather easily for you… especially in business and academia.
Some people find you to be selfish and a bit overbearing. You’re a strong person.

You are usually the best at everything … you strive for perfection.
You are confident, authoritative, and aggressive.
You have the classic “Type A” personality.

You are balanced, orderly, and organized. You like your ducks in a row.
You are powerful and competent, especially in the workplace.
People can see you as stubborn and headstrong. You definitely have a dominant personality.

You are a free spirit, and you resent anyone who tries to fence you in.
You are unpredictable, adventurous, and always a little surprising.
You may miss out by not settling down, but you’re too busy having fun to care.

You are a very lucky person. Things just always seem to go your way.
And because you’re so lucky, you don’t really have a lot of worries. You just hope for the best in life.
You’re sometimes a little guilty of being greedy. Spread your luck around a little to people who need it.

You are the total package – suave, sexy, smart, and strong.
You have the whole world under your spell, and you can influence almost everyone you know.
You don’t always resist your urges to crush the weak. Just remember, they don’t have as much going for them as you do.

You are loving, compassionate, and ruled by your feelings.
You are able to be a foundation for other people… but you still know how to have fun.
Sometimes your emotions weigh you down, but you generally feel free from them.

realistis atawa ndak, sayah gak tauk…  😳

yuks, mare kerjain PRnyah…..buka ini buat ngerjain. semuanyah yang komengtar disinih kerjain semuah yaks….wajib!

*maksa*