pada awal tahun 1980-an, profesor di bidang pendidikan, howard gardner dari havard university dan profesor bidang psikobiologi, prof. roger w. sperry, mengemukakan tentang teori multiple intelligence atau kecerdasan majemuk.
multiple intelligence mencakup delapan kecerdasan majemuk, antara lain.
- kecerdasan logika-matematika
kemampuan untuk meneliti pola-pola, kategori-kategori dan hubungan-hubungan dengan cara memanipulasi obyek-obyek atau simbol-simbol dan mencobanya dengan cara yang terkontrol dan teratur
- kecerdasan bahasa
kemampuan menggunakan bahasa untuk membangkitkan (memberi semangat), meminta tolong, meyakinkan, mendorong dan menyampaikan informasi.
- kecerdasan intrapersonal
kemampuan untuk memahami perasaan, mimpi-mimpi dan ide-ide pribadi.
- kecerdasan interpersonal
kemampuan untuk memahami orang lain, memperhatikan tujuan-tujuan mereka, motivasi mereka, maksud dan kepribadian mereka serta belajar secara efektif dengan mereka.
- kecerdasan kinestetik jasmani
kemampuan untuk menggunakan ketrampilan motorik kasar dan halus di bidang olah raga, seni drama, pembuatan barang-barang seni (kerjinan tangan).
- kecerdasan visual-ruang
kemampuan untuk melihat dan membayangkan bentuk dari sebuah benda, dan untuk melihat serta menciptakan perbedaan, keseimbangan dan komposisi di dalam tayangan visual atau ruang.
- kecerdasan musikal
kemampuan untuk menikmati, menampilkan dan membuat gubahan lagu/musik
- kecerdasan naturalis
kemampuan untuk mengenal flora dan fauna, memiliki keterikatan dengan alam dan fenomenanya.
ada gak ya orang yang punya semua kecerdasan itu dalam tingkat tinggi? 😀
paling tidak ada 2-3 dari kecerdasan itu yang mendominasi, siswa saya mempunyai kecerdasan intrapersonal sekaligus kecerdasan interpersonal yg tinggi….
termasuk cerdas ndak ya?