mulai mengajar

siang ini matahari yang kerap kali memancarkan teriknya seakan mengajak bersahabat dengan malu-malu sembunyi dibalik awan. aku pun tersenyum lebar karena pulang dari sekolahan tempat PPL tak lagi bertarung dengan panas sengatannya. ia seakan tahu bahwa tubuhku letih oleh aktivitas serta kerongkongan yang kering merindukan sejuknya sumber kehidupan.

memasuki minggu kedua kegiatan PPL, hari ini aku mengikuti pembelajaran  dikelas walaupun masih duduk di bangku belakang. mendengarkan dan menyimak cara guru pamong mengajar dalam kelas. sebelum “di lepas” untuk mengajar materi di kelas, aku diharuskan menyimak dahulu bagaimana cara guru dalam penanganan kelas. bersama ketiga temanku, aku berkonsentrasi penuh memperhatikan kelihaian sang guru memberikan materi pelajaran.

jumlah mahasiswa yang PPL bersamaku di SMA 8 kota semarang adal 41 mahasiswa, yang terdiri dari berbagai jurusan. bersamaku ada 2 mahasiswa dengan jurusan yang sama, akuntansi.  kami nantinya diamanati untuk mengampu kelas XI. setelah mengikuti proses pembelajaran di kelas, aku bersama ke 2 temanku di beri tugas oleh sang guru untuk mengoreksi jawaban ulangan harian.

dalam PPL, sebenarnya kami hanya diperbolehkan menangani kelas X & XI sedang kelas XII di ampu oleh guru sekolahan itu sendiri. namun ini bisa saja fleksibel bergantung pada kebijakan pihak sekolah. setelah diserahi tugas untuk mengoreksi hasil ujian, esok kami dipercaya mengampu dua kelas untuk pelajaran akuntansi di kelas XII. hal ini mengingat sang guru esok hari ada rapat bersama kejati. semuanya kami terima dengan senang hati karena PPL ini sekaligus mengasah kemampuan kami dalam mengajar.

mulai pagi tadi aku harus menerima dengan lapang dada sebutan yang selama ini aku tidak sukai, “pak”. namun setelah PPL ini aku pun tak canggung lagi di panggil dengan sebutan itu. karena memang dengan begitu ada sesuatu yang sudah semestinya terjaga, hubungan guru dan murid. aku tak lagi bisa bebas bersikap seperti laiknya anak muda. ada tuntutan profesi yang musti aku jalankan mulai sekarang, walaupun belum jadi guru beneran  :mrgreen:

sudah ya…..serius amat!  😆

selamat pagi anak-anak…………  🙂