tanggapan siswa sayah

tadi pagi sebelum memulai pelajaran sayah sharing dolo amak siswa sayah ituh. sebagai guru praktikan, sayah baru pertama kali berkesempatan ngajar di depan kelas. setelah sebulan sebagai guru praktikan, sayah ngerasa perlu sharing tentang proses pembelajaran yang berlangsung dikelas sayah. sayah pengen ngerti apakah sebagai praktikan, selama mengajar, murid2 nyaman dan paham dengan apa yang sayah sampaikan.

sayah lemparkan sebuah pertanyaan di kelas: bagaimana seharusnya proses pembelajaran ini dilaksanakan? maksud sayah apakah dalam proses pembelajaran selama ini sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang murid. sayah berpikir, seorang guru bagi sayah, adalah mitra bagi siswanya. tugas guru tidak hanya sekedar memberikan materi namun juga mendidik watak mereka. setelah sayah mengajar selama satu bulan apakah sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

beberapa murid memberikan pendapatnya, ada yang berpendapat bahwa dalam proses pembelajaran dikelas tidak harus selalu serius, tetapi bisa diselingi dengan candaan, istilah mereka, sersan, serius tapi santai. namun ada juga yang berpendapat bahwa dalam proses pembelajaran haruslah serius karena dengan serius pelajaran akan mudah diserap. siswa ke tiga berpendapat, setuju dengan istilah sersan, pembelajaran harus diselingi dengan sedikit guyonan agar tidak terlalu tegang, karena kalau serius terus mereka malahan akan merasa ngantuk.

sayah akhirnyah menyuruh semua siswa menyiapkan selembar kertas untuk menjawab beberapa pertanyaan sayah. hal ini sayah lakukan karena tidak semua siswa mau berpendapat didepan kelas.

pertanyaan pertama adalah pendapat mereka mengenai pelajaran yang sayah ampu, ekonomi & akuntansi (sayah ngampu ekonomi dan temen sayah akuntansi). kebanyakan dari mereka menjawab bahwa pelajaran akuntansi dan ekonomi sangat sulit. ada beberapa hal yang menurut sayah mempengaruhi nilai seorang murid dalam suatu pelajaran, yaitu suka tidaknya siswa pada pelajaran tersebut dan peran guru dalam pembelajaran. kalok dari awal emang siswa tidak menyukai suatu pelajaran kemungkinan nilai jelek pelajaran tersebut sangat besar.

pertanyaan kedua adalah apa yang harus dilakukan dan dilarang bagi seorang guru dalam pembelajaran. mereka menjawab pertanyaan ituh dengan jawaban yang mbikin sayah senyum2 sendiri. seorang guru harus selalu berkomunikasi dengan siswanya, seorang guru harus sering ngasih nilai. sedangkan larangannyah, guru dilarang merokok, dilarang ngasih tugas terlalu banyak, dilarang pelit nilai dll yang mbikin sayah gak bisa nahan buat ketawa 😆
selanjutnya adalah pertanyaan tentang tanggapan mereka saat diajar oleh sayah. ada banyak banget, inih diyah list-nyah:

  • sering mondar-mandir (emang aku gak bisa cumang diem duduk dikursi sambil nerangin pelajaran, musti berdiri dan sesekali mondar mandir)
  • grogi saat ngajar (emang kelihatan banget, apalagi kalok guru pamongnya ada dibelakang) 😦
  • make baju kedodoran
  • celananyah harusnya dibikin pensil
  • junkies dikit dunk, pak…..
  • ngajar dah baek

dan banyak banget laennyah….beugh…..aneh2 siswa sayah ituh :mrgreen:
*POSTINGAN TERTUNDA GARA2 WARNET MAINTENANCE*

22 thoughts on “tanggapan siswa sayah

  1. wah pak guru, apapun stylemu yang penting itu keluar dari hati pak guru pasti akan meberikan banyak manfaat buat siswa…
    mengajar adalah kegiatan yang mulia bro..
    sukses terus 🙂

    yuks….makasih, bang….. 😛

  2. duuuhh..
    udah jd pak guru aja nih skrg.. 😀

    aiiihh..!!!
    *cuiiittt.. cuiiitt..*

    btw, ekonomi mah bagi dt dlu tuh pljrn yg enak koQ.. :mrgreen:
    yg sulit itu fisika.. 😦

    guru praktik kok,deeth….. 😛
    hahahahahahhahaha…kalok aku malah jeblok di kimia dolo…. 😛

  3. selamat yach….

    jadi guru adalah pekerjaan yang super sangat mulia…
    tanpa guru kita gak bakal jadi apa2…

    bener ora???

    sukses lah pokoke… adik kelas ana sing wis ngajar…..
    ngajar ngendi saiki???
    ning semarang , apa ning brebes??
    praktek kok, kang….neng SMA Negeri 8 Semarang

  4. lha komentar muridnya koq cuma tentang penampilannya. Nggak ada yang kritisi materi mengajarnya?? hahaha

    kebanyakan memang mengkritisi demikian, soal materi, mereka menilai sudah cukup bagus tinggal penyampaian sayah yang mangsih gugup…. 😦

  5. pak guru musti pake junkies? kyaaaaaaaaaaa tidaaaak heheheh
    ada ada ajah
    ntar mlh disuruh gothic lgi Pak
    apapun asal tulus dari hati, semoga menjadi ilmu yg bermanfaat

    mereka mangsih nganggap sayah sama dengan mereka, tapi emang sayah gak terpaut jauh kok umurnyah…. 😛
    makasih yaks…

  6. celananyah harusnya dibikin pensil

    lha, mo jadi guru ato jadi anak band?

    hehe, becanda pak…

    dua-duanyah….. 😆

  7. Ini dia guru yang demokratis, selalu mau mendengar apa yang ‘customer’ katakan dan inginkan.
    salam kenal pak guru.
    sedang belajar…. 😛
    syalam kenal jugax :mrgreen:
    *syalaman*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s